27 C
Semarang
, 29 May 2024
spot_img

Pj Gubernur Jateng Minta TNI Mampu Kawal Pilkada dengan Aman

Semarang, Jatengnews.id – Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana meminta TNI mampu mengawal pelaksanaan pemilu dan pilkada dengan aman.

Selain itu, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana juga percaya TNI mampu mengawal pelaksanaan pemilu dan pilkada.

“Kami yakin, TNI bersama Polri dan instansi terkait lainnya, akan mampu melaksanakan pengamanan ataupun mengawal pelaksanaan Pemilu-Pemilukada 2024 dengan tertib dan sukses,” kata Pj Gubernur usai menghadiri HUT ke-78 TNI dan HUT ke-73 Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro di Makodam IV/Diponegoro, Kamis (5/10/2023).

Menurut Pj Gubernur, untuk mewujudkan pesta demokrasi yang aman, perlu adanya sinergitas dan soliditas yang dijalin antara TNI, Polri, maupun pemerintah daerah.

Kolaborasi para pemangku kepentingan itu, diharapkan dapat menciptakan situasi kondusif dan rasa nyaman bagi masyarakat. Pj Gubernur menyampaikan, kondisi ini menjadi modal penting bagi keberhasilan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada.

Sebab, menurut Pj Gubernur, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat tanpa adanya keamanan itu tidak akan berjalan. Jadi harus tetap dilakukan pengawalan. “Sehingga harus diamankan pelaksanaannya,” tandasnya.

Setali tiga uang, Panglima Daerah Militer IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono saat membacakan amanat Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono menyampaikan, salah satu tantangan besar yang dihadapi Indonesia dalam waktu dekat adalah Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Dalam kesempatan itu, TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh elemen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi, untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju, dan sejahtera.

Sebab, Suksesnya pesta demokrasi, akan menentukan perjalanan kehidupan bangsa dan negara ke depannya.

“Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran, dalam mewujudkan Pemilu 2024 dapat berlangsung aman, damai, dan sejuk,” kata Widi.

Pada HUT TNI dan Kodam IV/Diponegoro, Pj Gubernur Jateng juga menyerahkan penghargaan kepada tiga Komando Distrik Militer (Kodim) terbaik yang telah menyukseskan program TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Peraih penghargaan terbaik pertama adalah Kodim 0711/Pemalang, terbaik kedua dari Kodim 0707/Wonosobo, dan terbaik ketiga adalah Kodim 0716/Demak. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN