29 C
Semarang
, 27 April 2024
spot_img

Saat Sakit Maag Tidak Boleh Puasa, Ternyata Begini Penjelasannya Menurut Dokter

Jakarta, Jatengnews.id – Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI), Dr. Dr. Sally Aman Nasution, SpPD, KKV, FINASIM, FACP, mengatakan bahwa orang yang menderita penyakit maag pada dasarnya tetap bisa berpuasa.

Bahkan faktanya, banyak penderita maag yang justru menjadi lebih sehat saat menjalankan ibadah puasa. Kondisi itu terjadi karena asam lambung yang memicu maag tidak terproduksi karena tidak mengonsumsi makanan.

Baca juga : Undip Beri Layanan Pengobatan Gratis Warga Korban Banjir Demak

Menurut Dr. Sally, kondisi stres dan makan berlebih justru juga bisa menjadi pemicu maag kambuh. Oleh sebab itu, tidak makan dalam waktu lama bukanlah satu-satunya pemicu kekambuhan maag.

“Banyak yang menyebutkan kalau puasa sakit maag itu jadi sehat. Jadi sebetulnya itu asam lambung kita yang harusnya terproduksi sekian, jadi berlebihan, kemudian jadi pemicu kambuhnya. Kondisi asam lambung yang berlebihan ini bisa jadi karena macam-macam, seperti stres, berlebihan makan, konsumsi makanan yang salah juga bisa,” kata Dr. Sally dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Kamis (07/03/2024).

Bukan hanya itu, maag kambuh ini juga bisa terjadi karena makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Ketika mengonsumsi makanan yang berlebihan, hal ini bisa timbulkan masalah pada pencernaan sehingga maag kambuh. Padahal, perut kosong 12-14 jam itu bisa menjadi cara lambung untuk istirahat.

Oleh sebab itu, menurut Dr. Sally, makanan yang dikonsumsi saat bulan puasa harus dijaga dan tidak berlebihan. Hal ini akan membantu mengurangi masalah saat menjalankan puasa, khususnya bagi penderita maag.

“Pada sahur dan berbuka itu memang harus dijaga makanannya, kadang-kadang karena euforia, semua ingin dimakan, karbohidrat tinggi, gula tinggi, dan itu nggak baik juga buat pencernaan,” jelas Dr. Sally.

Baca juga : Tips Hindari Nyeri Dada Berulang Pada Pasien Penyakit Jantung

Kesimpulannya, orang yang menderita penyakit maag tetap diperbolehkan menjalankan puasa. Namun, mereka tetap harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar tidak berlebihan. Hal ini demi mencegah agar penyakit maagnya tidak kambuh saat berpuasa. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN