28 C
Semarang
, 21 April 2024
spot_img

KKN UPGRIS Turut Mengenalkan Kesenian Jawa Digelar Sanggar Budaya Condrowinoto

Kabupaten Semarang, JatengNews.id – Mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 78 ajak anak-anak kenalkan kesenian Jawa sebagai media literasi identitas bangsa.

Mahasiswa KKN UPGRIS ajak anak-anak kenalkan kesenian Jawa sebagai media literasi identitas bangsa yang diadakan oleh Sanggar Budaya Condrowinoto.

Tepatnya, Senin 4 Maret 2024, mahasiswa KKN UPGRIS turut berpartisipasi dalam memeriahkan acara Wisata Edukasi Budaya yang diselenggarakan oleh Sanggar Budaya Condrowinoto.

Baca juga: KKN UPGRIS 78 Berkontribusi Punyuluhan Stunting di Desa Kalongan

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan seni budaya Jawa kepada masyarakat luas serta meningkatkan literasi identitas bangsa khususnya bagi generasi muda.

Acara Wisata Edukasi Budaya ini diikuti oleh peserta didik dari SMP Mardi Rahayu kelas VII dan VIII selama tiga hari.

Salah satu aspek utama dari acara tersebut adalah pengenalan kesenian Jawa melalui berbagai pertunjukan seni tradisional seperti wayang kulit, musik gamelan dan unggah–ungguh Jawa. Para mahasiswa KKN turut berpartisipasi dalam serangkaian acara wisata edukasi perkenalan

Baca juga: Mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 78 Ajak Ibu-ibu PKK Tanam Toga

 keindahan dan keunikan seni budaya Jawa kepada peserta didik dari SMP Mardi Rahayu Ungaran.

Partisipasi mahasiswa KKN kelompok 78 dalam acara Wisata Budaya ini membuahkan pengalaman berharga bagi diri mereka dalam mengenal kekayaan seni budaya Jawa.

Mereka belajar tentang pentingnya menjaga dan mempromosikan budaya lokal serta merasakan kebanggaan menjadi salah satu pihak yang mengupayakan penguatan identitas budaya bangsa.

Dengan demikian, melalui partisipasi aktif mahasiswa KKN 78 UPGRIS dalam memeriahkan acara Wisata Budaya oleh Sanggar Budaya Condrowinoto, pengenalan kesenian Jawa sebagai media literasi identitas bangsa dapat terus ditingkatkan dan keberagaman budaya Indonesia dapat semakin dihargai dan dipromosikan kepada generasi muda. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN