29 C
Semarang
, 18 April 2024
spot_img

Jokowi Klaim Indonesia Segera Miliki 61 Persen Saham Freeport

Jakarta, Jatengnews.id – Presiden RI Jokowi bicara tentang kesempatan Indonesia menjadi negara maju hingga program hilirisasi yang membangun industri dalam negeri hingga berdampak terhadap nilai tambah dan kenaikan pendapatan. Ia kemudian mencontohkan bagaimana Indonesia berhasil menguasai saham mayoritas di Freeport.

“Freeport, misalnya ini nikel, tembaga sekarang Freeport. Sebelumnya kita memiliki saham 9 persen, kemudian kita ambil alih dengan negosiasi, sekarang sudah mayoritas 51 persen,” kata Jokowi dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Jumat (29/03/2024).

Baca juga : Presiden Jokowi Dorong Percepatan Integrasi Layanan Digital Nasional

Jokowi menegaskan kepemilkan saham mayoritas itu menjadikan Freeport sebagai miliki Indonesia, bukan Amerika.

“Artinya Freeport bukan milik Amerika lagi. Sudah milik Indonesia milik negara kita. Jangan ada bayangan itu Amerika. Sudah Indonesia,” ujarnya.

Ia menyatakan ke depan kepemilikan saham tersebut akan bertambah sehingga bisa membuat pendapatan Freeport sebesar 80 persen masuk ke negara.

“Sebentar lagi akan kita tambah menjadi 61 persen dan pendapatan Freeport sekarang ini 70 persen masuk ke negara. Begitu kita naik 61 persen nantinya 80 persen akan masuk ke negara,” kata Jokowi.

Baca juga : Atasi Banjir Demak, Presiden Jokowi Dorong Penutupan Tanggul Jebol Segera Selesai

Sebelumnya Jokowi menerima kunjungan dari pihak Freeport di Istana Kepresidenan. Mereka yang hadir berkunjung, di antaranya Chairman & CEO Freeport McMoran Inc Richard C Adkerson dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN