28 C
Semarang
, 21 April 2024
spot_img

Pemkab Karanganyar Santuni Korban Bencana Alam


Karanganyar, Jatengnews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melalui BPBD setempat, menyerahkan santunan kepada 119 kepala keluarga yang berasal dari 17 kecamatan korban bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu.

Total santunan yang diserahkan sebesar Rp421.250.000. Santunan diserahkan Penjabat Bupati Karanganyar Timotius Suryadi, Rabu (3/4/2024). Bantuan tersebut berasal dari APBD tahun 2024.

Baca juga: Pemkab Karanganyar Berikan Insentif Ketua RT RW

Kepala pelaksana harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar Hendro Prayitno usai penyerahan santunan, kepada sejumlah wartawan menyampaikan, santunan diberikan berdasarkan kategori rusak ringan, sedang dan rusak berat.

Menurut Hendro, untuk kategori rusak ringan, menerima santunan dengan besaran Rp750 ribu hingga Rp1,5 juta, rusak sedang, Rp4 juta hingga Rp6 juta serta kategori rusak berat menerima santunan Rp7 juta hingga Rp10 juta.

Dikatakan Hendro, selain bantuan dari Pemkab, 3 KK korban tanah longsor di Desa Menjing Kecamatan Jenawi, juga menerima santunan sebesar Rp 15 juta untuk masing-masing KK.

“Santunan atau bantuan ini kami berikan, untuk membantu meringankan beban warga korban bencana alam yang terjadi,”kata Hendro.

Baca juga: Pemkab Karanganyar Ingatkan BPBD Siaga Waspada Cuaca Ekstrem

Dwi Rohani, salah satu warga penerima bantuan mengaku merasa terbantu dengan santunan yang diberikan oleh Pemkab Karanganyar.

“Sangat membantu mas. Meski biaya yang saya gunakan untuk memperbaiki atap rumah akibat tertimpa pohon, setidaknya dapat meringankan biaya perbaikan,”ungkapnya. (Iwan-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN