27 C
Semarang
, 25 July 2024
spot_img

Orang Dengan Kondisi Penyakit Jantung Akut Tak Boleh Boleh Puasa Ini Penjelasan Dokter

Jakarta, Jatengnews.id – Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Dr. Hermawan, menegaskan bahwa bagi orang yang menderita penyakit jantung akut, tidak disarankan untuk berpuasa.

Dalam diskusi tentang kesehatan selama berpuasa di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta, Selasa, Hermawan menjelaskan bahwa puasa dapat mengganggu stabilitas pompa jantung, terutama pada pasien dengan gagal jantung yang pompanya sudah sangat menurun.

Baca juga : Berbagi Berkah Ramadan, Karyawan Indosat Gotong Royong Sediakan 1.500 Porsi Hidangan Berbuka Puasa untuk Warga Semarang

“Jadi sebaiknya kalau merasa tidak mampu dan tidak kuat, sebaiknya pada penderita jantung tidak dipaksakan untuk berpuasa. Kalau misalnya lelah ya langsung berbuka puasa,” ujar Hermawan dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Kamis (04/04/2024).

Menurutnya, berpuasa bisa berisiko terutama karena potensi dehidrasi dan komplikasi dari penyakit lain seperti masalah kontrol gula darah. Oleh karena itu, bagi penderita penyakit jantung yang kondisinya tidak memungkinkan, disarankan untuk tidak memaksakan diri berpuasa dan lebih baik langsung berbuka jika merasa lelah.

Meskipun demikian, bagi penderita penyakit jantung yang masuk dalam kategori ringan, Hermawan memberikan saran untuk berpuasa dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Menurutnya, puasa dapat membantu mengembalikan keseimbangan metabolisme tubuh dan melatih tubuh untuk mengendalikan pola makan.

Baca juga : Bubur Samin Khas Banjar di Masjid Darussalam Solo Primadona Buka Puasa

Bagi mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung, Hermawan menekankan pentingnya menjaga gaya hidup sehat dengan pola makan yang baik, berolahraga secara teratur, dan menghindari merokok. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN