29 C
Semarang
, 24 May 2024
spot_img

Sambut Pemudik, Tol Solo – Jogjakarta Mulai Dibuka Hari Ini

Boyolali, Jatengnews.id – Jalan tol fungsional Solo -Jogjakarta, secara resmi mulai dibuka dan difungsikan untuk arus mudik Lebaran, Jumat (5/4/2024).

Jalan tol fungsional ini dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Jelang Idul Fitri, Polres Karanganyar Musnahkan Ribuan Botol Miras Berbagai Merk

Untuk kenyamanan pemudik, di jalur Tol Fungsional ini, disiapkan 7 posko lebaran yang tersebar dari Kartasura hingga Klaten kemudian pos pantau dan pos kepolisian di exit Karanganom dan rest area serta di titik akhir Ngawen Kabupaten Klaten.

Jalur Tol Solo-Jogjakarta ini mulai dari  Kartasura atau melalui Gerbang Tol (GT) Colomadu atau Banyudono hingga Ngawen yang masuk Kabupaten Klaten sepanjang 22 kilometer.

Jalur Tol Fungsional ini diberlakukan satu arah. Baik dari Solo menuju Jogja maupun sebaliknya.

Direktur PT Jasa Marga Jogja Solo, Rudy Hardiansyah, Jumat  (5/4/2024) menyampaikan, jalur tol Solo Jogja dari Colomadu hingga Klaten dibuka untuk jalur mudik lebaran.

Menurutnya , jalur ini difungsikan satu arah, mulai tanggal 5-11 April 2024. Serta untuk arus balik mulai tanggal 12-15 April 2024.

“Secara resmi, jalur Tol Fungsional ini sudah kita buka untuk para pemudik,”terangnya.

Rudy menjelaskan, jenis kendaraan yang diperbolehkan untuk melintas adalah kendaraan golongan satu dan kendaraan pribadi non bus.

“Jalur ini hanya dibuka untuk arus mudik dan arus balik. Hanya kendaraan golongan satu dan mobil pribadi non bus yang boleh melintas,”jelasnya.

Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI Pantau Persiapan Tol One Way

Ditambahkan Rudy, pihaknya masih terus mengerjakan pembangunan jalan tol. Bahkan jalur telah diperpanjang dari sebelumnya 13 kilometer menjadi 22 kilometer.

Terpisah, Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi mengimbau para pemudik yang melintas di jalur Tol Fungsional hati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada.”Patuhi rambu lalu lintas dan arahan dari petugas kami yang berjaga,”tandasnya. (Iwan-02).

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN