28 C
Semarang
, 29 May 2024
spot_img

Polda Jateng Sediakan 168 Pos Mudik Lebaran 2024

Semarang, Jatengnews.id – Polda Jawa Tengah sediakan 168 pos Polisi  pada masa mudik lebaran 2024 ini guna melayani masyarakat.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satale Bayu benarakan adanya pendirian tersebut, yang bisa di manfaat para pemudik untuk beristirahat, mencari informasi perjalanan hingga meminta bantuan jika ada trobel kendaraan.

Baca juga: Dua Hari Jelang Lebaran, Kendaraan Pemudik Exit Tol Kebakramat Meningkat

Bahkan, 72 pos diantaranya merupakan pos terpadu yabg lengkap dengan personil gabungannya, TNI Polri  Satpol PP, Dishub, Dinkes, Damkar, BPBD  Pramuka serta sejumlah elemen masyarakat lainya.

“Keterlibatan sejumlah instansi terkait ini sebagai wujud sinergitas dan kolaborasi dalam memberikan pelayanan dan rasa aman bagi masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran 2024,” ungkap Satake saat di Mapolda Jateng pada Senin, (8/4/2024) siang.

Para personel tersebut, juga dapat digeser sewaktu-waktu ke sejumlah strong poin yang membutuhkan kehadiran petugas seperti persimpangan jalan, pusat keramaian masyarakat, ataupun menangani kejadian laka lantas terdekat.

“Fasilitas cek kesehatan dan pengobatan gratis bagi para pemudik agar kondisi mereka tetap prima selama perjalanan juga kami sedikan. Ada pula takjil gratis bagi masyarakat untuk sekedar membatalkan puasa disaat berbuka,” lanjutnya.

Berdasarkan pantauan, arus kendaraan yang melintas di Jawa Tengah hingga H-2 Lebaran (Senin, 8/4) sudah tidak sebanyak saat puncak pada Sabtu dan Minggu kemarin. Kendaraan yang melintasi ruas Tol Trans Jawa dan sejumlah jalur arteri baik Pantura maupun jalur tengah dan selatan nampak berjalan lancar tanpa hambatan berarti.

Selain menjadi tujuan pulang kampung, Propinsi Jawa Tengah juga menjadi titik lelah bagi pemudik yang menempuh perjalanan jauh ke kampung halaman baik dari arah barat ke timur maupun sebaliknya. Untuk itu, dirinya kembali menghimbau masyarakat untuk mempersiapkan diri dan kendaraan yang ditumpangi dengan sebaik mungkin.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Tol Cikampek Mobil Grand Max Terbakar Hebat Sembilan Orang Tewas Ditempat

“Pastikan kondisi fisik pengendara dalam keadaan prima, sebelum berangkat cek kondisi kendaraan terutama rem dan ban karena sebagian cuaca di Jawa Tengah masih hujan. Bagi yang menempuh perjalanan di malam hari pastikan nyala lampu kendaraan cukup untuk menerangi jalan namun tidak membuat silau pengendara lain,” tandasnya. (Kamal-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN