29 C
Semarang
, 28 May 2024
spot_img

One Way Ditutup, Polda Jateng Berlakukan Jalur Tol Normal


Semarang, Jatengnews.id – Polda Jateng umumkan, H-1 perayaan Lebaran Idulfitri 2024 pelaksanaan one way dari arah Barat (Jakarta) menuju ke Timur (Semarang) telah ditutup.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Sonny Irawan mengatakan, dengan adanya penutupan one way nasional, pihaknya telah bersiap bersama personil gabungan TNI Polri untuk melakujan sterilisasi jalur, sejak pukul 10:00 Wib.

Baca juga: Polda Jateng Sediakan 168 Pos Mudik Lebaran 2024

“Kami mendapat intruksi dari Mabes Polri untuk melaksanakan normalisasi atau melaksanakan sterilisasj untuk jalur B yang digunakan untuk one way nasional. Artinya, on way nasional hari ini pukul 12:00 Wib akan ditutup, yang dari Barat menuju ke Timur,” jelasnya Selasa (9/4/2024) saat di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Kota Semarang.

Proses sterilisasi yang ia maksudkan, yakni di wilayah Jateng. Khususnya dari mulai wilayah KM 236 Pejagan Brebes hingga KM 414 GT Kalikangkung.

Sehingga, di jalur tol dari mulai KM 72 sampai dengan KM 414 GT Kalikangkung bakal diberlakukan arus normal atau dua arah dari Jakarta – Semarang maupun Semarang – Jakarta.

“Gunakan dua arah, jalur A itu yang arah Barat menuju ke Timur. Jalur B dari Timur menuju ke Barat. Mengapa demikian karena Mabes Polri dan kami telah berdiskusi dan juga telah memberikan gambaran tentang traffick accounting sampai dengan hari tanggal 11 April 2024 ( bahwa arus mudik telah terjadi penurunan),” paparnya.

Maksudnya, dengan adanya penurusan arus kendaraan yang melaksanakan mudik dari arah Barat ke Timur ini, sehingga pelaksanaan one way nasional bisa ditutup dan dirasa arus lalu lintas sudah aman.

Dirinya juga menjelaskan, pada prediksi sebelumnya yang menyebutkan pada tanggal 6 April 2024 bakal menjadi puncak arus mudik 2024. Hal tersebut memang benar terjadi dan angkanya cukup fantastis karena rata-rat perjamnya mencapai 3 ribu lebih dan ada yang perjam mencapai 4 ribu lebih.

“Jadi terbuktu di 6 April 2024 itu lintasan harian mrncapai angka 69.011 kendaraan. Ditanggal 7 April 2024, itu lintasan di angka 60 ribu. Kemarin di tanggak 8 April 2024 itu habya 40 ribu sekian dan hari ini semakin menurun,” jelasnya.

Baca juga: Gerbang Tol Kalikangkung Kembali Dibuka Dua Arah

Menurut catatannya, pada hari ini perjamnya kendaraan yang melintas masih diangka dibawah 1000 kendaraan.

“Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka hari ini, one way nasional ini ditutup, jalur tol akan dinormalkan seperti sedia kala,” tandasnya. (Kamal-02).

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN