30 C
Semarang
, 28 May 2024
spot_img

PT RFB Edukasi Investasi Untuk Gen Z Berani Investasi Karena Ngerti



Salatiga, Jatengnews.id — PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) Semarang bersama dengan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menyelenggarakan kegiatan Literasi Investasi Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) bagi mahasiswa aktif semester empat sampai delapan
yang menimba ilmu di Kampus Indonesia Kecil Sabtu, 20 April 2024, bertempat di kampus pusat UKSW Salatiga.

Kegiatan ini melibatkan pembicara yang merupakan konsultan aktif dan profesional dengan lima belas tahun pengalaman dalam transaksi di bidang PBK dan telah mendapatkan lisensi resmi dari BAPPEBTI untuk melakukan edukasi perdagangan berjangka.

Baca juga : Edukasi Pentingnya Asupan Gizi PPJI Lakukan Demo Masak Menu Sehat di Ponpes Al-Multazam Semarang

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kapasitas literasi investasi dalam bidang perdagangan berjangka dengan memadukan unsur teknologi, edukasi, dan gaya hidup kekinian agar masyarakat tidak lagi tertipu iming-iming robot trading atau investasi bodong.

“Kenapa literasi kami mengusung konsep ‘Belajar Trading Sampai Yakin’? Karena dari hasil riset PT RFB selama 24 tahun mengedukasi masyarakat, kebanyakan orang membeli investasi yang bahkan tidak mereka pahami atau yakini aman karena ‘semangat ikut-ikutan’. Belum punya dasar analisis keuangan dan rencana investasi yang jelas dan terstruktur, ditambah lagi sering terpapar
informasi bohong dari media sosial; masyarakat jadi lebih mudah tergiur iming-iming investasi yang too good to be true,” terang Mia Amalia selaku Kepala Cabang PT RFB Semarang melalui siaran pers Minggu (21/04/2024).

“Namun, karena hampir mustahil untuk menghalangi masyarakat mengakses internet, maka Literasi Investasi Perdagangan Berjangka dari PT RFB Semarang ini sengaja dirancang sebagai program yang efektif dan efisien untuk mencegah terjadinya penipuan investasi yang memakan ribuan korban. Bekerja sama dengan kampus-kampus besar di Semarang, Salatiga, dan sekitarnya, program ini kami khususkan terutama untuk meningkatkan kapasitas dan kecerdasan investasi Generasi Z yang akan jadi kunci tercapainya Indonesia Emas di tahun 2045,” imbuhnya.

Menurutnya, satu hal yang membuat program literasi ini berbeda adalah terbentuknya interaksi antara peserta dan konsultan. Selain itu, peserta mendapatkan gambaran sistem transaksi dua arah di perdagangan berjangka dari akun demo resmi PT RFB.

“Penting sekali untuk tidak hanya mengajarkan teori, tetapi juga memberikan pengalaman bertransaksi secara langsung. Oleh karena itu, ke depannya, RFB Semarang akan berusaha mendorong terselenggaranya lebih banyak lomba trading PBK baik inter atau antar kampus.
Tujuannya adalah siapa pun yang ingin mulai investasi atau trading harus paham bahwa investasi selalu memiliki risiko yang sebanding dengan potensi keuntungannya. Dengan begitu, investor justru akan lebih mau belajar dan siap secara psikologis sebelum mereka memasuki perdagangan komoditi,” jelasnya.

Mia Amalia juga menjelaskan ada sangat banyak hal yang harus terus diikuti dan dipelajari setiap hari bagi siapa pun yang ingin menjadi investor andal dan profesional. Mulai dari prediksi arah
pergerakan market yang bisa tiba-tiba berubah karena pengaruh berita politik dan fiskal, hingga berbagai teknik manajemen risiko untuk kondisi-kondisi di luar prediksi.

Itulah mengapa dalam perdagangan komoditi tidak cukup hanya memahami dasarnya, tetapi penting juga untuk mendapat pendampingan dari konsultan yang berpengalaman.

“Sebagai salah satu perusahaan terbaik di bidang komoditi, kami sadar harus turut berkontribusi dalam usaha pemerintah—khususnya kementerian keuangan—untuk mencerdaskan masyarakat agar semakin aktif belajar dan berinvestasi. Program literasi ini akan terus kami dorong ke berbagai kampus agar lebih banyak Generasi Z yang semakin cerdas berinvestasi. Kami harap program ini disambut positif oleh warga Salatiga sehingga skala cakupannya bisa semakin luas ke kota-kota lain di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Kegiatan Literasi Perdagangan Berjangka Komoditi PT RFB Semarang merupakan bentuk dukungan nyata terhadap program OJK: Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2021-2025, di mana tujuan pemerintah adalah mengembangkan berbagai kegiatan literasi keuangan yang dapat diakses oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Baca juga : Lolos Uji Cepat, Jajanan di Alun-Alun Wonosobo Aman dari Kandungan Bahan Berbahaya

Rangkaian ini diharapkan bisa menumbuhkan tingkat literasi dan inklusi keuangan di berbagai lapisan masyarakat sehingga kesejahteraan negara bisa perlahan meningkat dari tahun ke tahun. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN