32 C
Semarang
, 17 April 2024
spot_img

Edukasi Pentingnya Asupan Gizi PPJI Lakukan Demo Masak Menu Sehat di Ponpes Al-Multazam Semarang

Semarang, Jatengnews.id – Sebagai upaya melakukan edukasi pentingnya asupan gizi seimbang Indonesia ( PPJI ) menggelar demo masak di Pondok Pesantren Al-Multazam Islamic Boarding School Semarang, Kamis (21/03/2024).

Adapun, kegiatan ini merupakan penyuluhan edukasi makanan bergizi secara serentak oleh Dewan Pimpinan Pusat PPJI, DPD PPJI, DPC PPJI ke pesantren dan panti asuhan.

Baca juga : Muhaemin Nahkodai Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang

Ketua DPC PPJI Kota Semarang, Yanti M Sakoer menjelaskan bahwa kegiatan di ponpes tersebut diinisiasi oleh PPJI yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

“Acara edukasi makanan bergizi kepada para santri dan pengasuh di pesantren Al-Multazam ini didahului dengan mempraktekkan cara memasak atau demo masak,” katanya.

Menurutnya, acara ini berlangsung dari pagi hari sampai selesai, dimulai dengan penyerahan bahan baku makanan yang diolah di dapur pesantren bersama anggota PPJI. Serta memberikan edukasi cara mengolah makanan sehat dan bergizi.

“Pentingnya makanan bergizi untuk anak anak didik adalah untuk perkembangan tubuh dan otak anak- anak di usia sekolah untuk menunjang mereka dalam menuntut ilmu untuk masa depan, merupakan generasi emas,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PPJI Jawa Tengah, Lilik Agus Gunarto menjelaskan, kegiatan ini diberikan edukasi terkait menu bergizi untuk para santri. Secara umum, cara mengolah dan memasak di ponpes ini cukup baik. Namun, tinggal diberikan masukan dan tata cara dalam mengolah berbagai bahan baku agar lebih bervariasi.

“Apalagi memasak di Ponpes dalam skala besar, agar nilai gizi tetap bagus dengan dengan aneka macam menu yang bervariatif bisa ditampilkan,”katanya.

Pengasuh Ponpes AlMultazam, KH Khamami, mengapresiasi kegiatan dari PPJI sehingga bisa memberikan edukasi makanan sehat kepada para santri pihak ponpes. Agar nantinya bisa diterapkan saat memberikan menu kepada para santri.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan berkah untuk semuanya,”jelasnya.

Sebelumnya, acara dibuka dengan penampilan tim marawis dari pesantren dan dilanjutkan kultum dan pembacaan doa. Dan selanjutnya acara buka puasa bersama, dan solat Magrib berjamaah.

Baca juga : Kapal Pesiar MS Silver Shadow Bersandar di Semarang, Kunjungi Destinasi Wisata Jateng

Diakhir acara PPJI juga ini memberikan bantuan alat atau sarana memasak kepada pihak pesantren dan menu buka puasa kepada santri total berjumlah 250 putra dan putri. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN