32.6 C
Semarang
, 26 May 2024
spot_img

Guru Besar Undip Prof Sudharto Rilis 2 Buku Bidang Lingkungan

Semarang, JatengNews.id – Guru besar Universitas Diponegoro (Undip) Prof Sudharto P Hadi, PhD rilis 2 buku terbarunya di peringatan Hari Bumi yang jatuh setiap 22 April.

Prof Sudharto rilis 2 buku bidang lingkungan ini juga menandai purna tugas sebagai dosen di Undip selama kurang lebih 44 tahun.

Selain merilis 2 buku, Prof Sudharto juga melakukan bedah buku yang digelar oleh Program Studi Ilmu Lingkungan dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Undip, Jumat 26 April 2024.

Buku pertama adalah “Manajemen Lingkungan Bagian Keempat”, yang merupakan kelanjutan dari seri Manajemen Lingkungan yang telah meraih banyak apresiasi sebelumnya.

Baca juga: Lulus Program Doktor di Undip, Mbak Ita Raih IPK 4.0

Sedangkan buku kedua berjudul “Bisnis Berkelanjutan: Teori dan Implementasi”, sebuah karya kolaboratif yang menggabungkan keahlian Prof. Sudharto P. Hadi dengan Prof Bulan Prabawani, PhD, Dosen FISIP Undip dengan kepakaran di bidang Bisnis Berkelanjutan.

Kegiatan Bedah Buku ini bukan hanya sekadar presentasi buku-buku baru, tetapi juga merupakan kesempatan untuk menjelajahi berbagai konsep dan praktik terbaru dalam pengelolaan lingkungan dan bisnis yang berkelanjutan.

Diskusi Pembahasan yang akan menyertakan tokoh-tokoh penting dalam dunia lingkungan, seperti Hanggara Patrianta, Direktur Pengembangan PT Pupuk Kaltim, dan Dr. Ir. Mahamawan Karuniasa, M.M dari Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, hadir sebagai pengulas buku tersebut sehingga diharapkan forum bedah buku ini telah membangun wawasan dan inspirasi bagi semua peserta.

Nampak hadir Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum, Dekan FISIP UNDIP Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol, Admin yang memberikan sambutan pada kegiatan ini.

Dengan total 16 buku yang telah dihasilkan selama kariernya, Prof. Darto telah memberikan kontribusi yang tak ternilai dalam pengembangan ilmu lingkungan di Indonesia.

Acara bedah buku diselenggarakan di Ruang PKM Kampus Fisip Undip pada tanggal 26 April 2024 yang dihadiri oleh para relasi dari Dewan Pertimbangan Proper (Program Peringkat Penilaian Kinerja Perusahaan) Kementerian Lingkungan Hidup, serta perwakilan dari berbagai instansi ternama seperti Pertamina, Indonesia Power, Pupuk Kaltim, PUSRI, dan Pupuk Kujang.

Kegiatan ini juga akan menjadi ajang peringatan Hari Bumi dengan penampilan khusus dari Komunitas Lingkungan dan Inovasi Sosial binaan Perusahaan peserta PROPER, seperti Yayasan Camar, Bank Sampah Gedawang Asri, dan Prenjak.

Baca juga: Rektor Undip Prof Yos Resmikan Gedung Serba Guna Terbesar di Jateng

Diharapkan bahwa kehadiran lebih dari 30 relasi dan ratusan mahasiswa pada acara ini akan menjadi bukti komitmen bersama untuk meningkatkan pemahaman dan melestarikan lingkungan hidup, sejalan dengan tema Hari Bumi 2024, yaitu “Harmony with Nature”.

Sebagai informasi, Prof Sudharto pernah sebagai panelis dalam Debat Cawapres dengan tema energi, sumber daya alam, lingkungan, masyarakat adat dan kesatuan esa pada tahun 2024.

Selain itu, beliau juga merupakan penerima anugerah Bintang Jasa Pratama dari Presiden RI pada tahun 2023, serta menjabat sebagai Ketua Harian Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota (DP2K) sejak tahun 2015 hingga saat ini. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN