33 C
Semarang
, 26 May 2024
spot_img

Awas Bahaya Cuaca Panas Bisa Jadi Penyakit

Jakarta, Jatengnews.id – Melihat adanya situasi panas akhir-akhir ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyarankan agar masyarakat yang harus melakukan aktivitas di jalan bisa menggunakan payung untuk melindungi diri. Selain itu, saat jalan juga diharapkan untuk bisa di area yang tertutup pohon atau gedung sehingga tidak terpapar sinar matahari langsung.

“Jadi kalau keluar usahakan entah itu pakai payung untuk melindungi atau kalau jalan di bayangan jadi lebih aman,” ucap Budi dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id Senin (06/05/2024).

Baca juga : Suhu Panas Akan Terjadi di Indonesia Sepekan Kedepan

Lebih lanjut, untuk orang-orang yang ingin berolahraga, Budi menyarankan untuk melakukannya di pagi hari. Pasalnya, olahraga di siang hari dengan matahari terik dapat berbahaya.

“Misal panas-panas olahraga ya pagi-pagi aja lah,” sambungnya.

Terkait cuaca panas sendiri memang bukan suatu hal yang bisa dianggap remeh. Panas yang terik dapat menyebabkan berbagai masalah seperti dehidrasi, gangguan pernapasan, heatstroke, gangguan kardiovaskular, gangguan kulit, dan lain-lain.

Untuk itu, perlu adanya kesadaran untuk menjaga diri di tengah cuaca panas yang terik. Dilansir dari laman Kemenkes, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga diri saat cuaca panas. Beberapa tips tersebut antara lain:

1. Cukupi kebutuhan air tubuh dan tidak menunggu rasa haus muncul;

2. Menghindari kontak matahari secara langsung dengan menggunakan topi atau payung;

3. Menggunakan tabir surya atau sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yg tidak tertutup oleh baju untuk memberikan perlindungan ekstra kepada kulit;

4. Apabila ingin melakukan aktivitas fisik atau olahraga, lakukan di dalam ruangan untuk meminimalisir potensi heatstroke ataupun dehidrasi

5. Jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaraan yang terparkir, baik dengan kaca terbuka maupun tertutup.

Itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menjaga diri dari cuaca panas. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari berbagai masalah kesehatan.

Baca juga : Fenomena Heatwave Cuaca yang Diduga Bikin Indonesia Makin Panas

Jika alami masalah kesehatan karena cuaca panas, dapat segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dapat penanganan lebih lanjut. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN