28 C
Semarang
, 25 May 2024
spot_img

Penanganan Longsor di Desa Gadon Blora Ditargetkan Selesai Akhir Mei 2024

Blora, Jatengnews.id – Penanganan longsor di Desa Gadon, Kecamatan Cepu oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora ditargetkan selesai pada akhir Mei 2024.

Kepala DPUPR Kabupaten Blora Samgautama Karnajaya menyampaikan, alat berat sudah dikerahkan untuk mengeruk jalan yang longsor dan dipadatkan. Saat ini, plat-plat besi yang akan ditancapkan untuk penguat tanggul juga sudah datang.

Baca juga : Gempa Garut 6.2, BMKG: Waspada Potensi Longsor dan Banjir Bandang Mengintai

“Plat-plat besi itu nanti akan digunakan untuk memperkuat tanggul yang longsor,” jelas Samgautama dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng Selasa (07/05/2024).

Bupati Blora Arief Rohman menyambut baik gerak cepat pihak BBWS Bengawan Solo dalam menangani tanggul longsor, yang memutus jalan kabupaten di wilayah Cepu menuju Kedungtuban tersebut.

“Jalan kabupaten ini menjadi alternatif penghubung Cepu menuju Kedungtuban bagian Selatan, seperti Klagen, Panolan, Sidorejo dan lain-lain. Terima kasih atas sinerginya PUPR SDA Bengawan Solo, Kepala Balai, begitu juga kepada Menteri PUPR, semoga perbaikannya berjalan lancar,” terang bupati.

Dirinya berharap, setelah longsor diperbaiki, jalan yang terputus bisa disambungkan kembali.

“Jalan yang ada tadinya jalan beton, kemudian longsor sekitar 20 meteran. Setelah nanti tanggulnya selesai diperbaiki, kalau bisa jalannya dibangun juga. Minimal diaspal hotmix dulu biar nyaman dilalui. Karena kalau harus dibeton lagi seperti semula, butuh anggaran besar. Dipilih yang cepat, agar masyarakat bisa segera melintasi jalan lagi,” imbuhnya.

Baca juga : Hujan Deras di Ngargoyoso, Tebing Tiga Meter Longsor

Sebagai informasi, longsor di Desa Gadon terjadi pada awal Maret 2024, yang mengakibatkan jalan kabupaten ruas Ngloram – Gadon berupa rigid beton terputus, akibat tanah dasar jalan tergerus aliran Bengawan Solo. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN