26.9 C
Semarang
, 27 May 2024
spot_img

2 Caleg Terpilih PDI Perjuangan Gagal Dilantik Usai Hasil Rapat Pleno KPU Karanganyar

Karanganyar, JatemgNews.id – 2 calon anggota legislatif (Caleg) terpilih asal PDI Perjuangan gagal dilantik usai hasil rapat plene dari KPU Karanganyar.

2 Caleg terpilih PDI P gagal dilantik oleh KPU Karanganyar yakni Suprapto yang berasal dari Dapil I yang meliputi Kecamatan Karanganyar Kota, Mojogedang dan Matesih serta Suyanto asal Dapil IV yang meliputi Kecamatan Gondangrejo dan Colomadu.

Baca juga: Pengurus Baru Gerakan Pemuda Ka’bah Karanganyar Sukoharjo Dilantik

Keduanya dipastikan tidak dapat dilantik sebagai anggota DPRD hasil Pemilu tahun 2024. Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat pleno yang digelar KPU Karanganyar, Rabu (8/5/2024) pukul 20.00 WIB.

Sebelumnya, KPU dalam rapat pleno yang digelar pada tanggal 2 Mei 2024 lalu, keduanya ditetapkan sebagai Caleg terpilih.

Namun karena partai mengajukan surat pengunduran diri atas nama keduanya, KPU melakukan rapat pleno dan merubah surat keputusan penetapan pertama.

Ketua KPU Karanganyar Daryono menyampaikan, berdasarkan hasil rapat pleno disepakati untuk memproses surat pengunduran diri yang diajukan oleh PDI Perjuangan dan PKB sebagaimana  ketentuan yang diatur dalam  pasal 48 PKPU 6 2024 dan Surat KPU RI Mo 664.

Menurut Daryono, KPU akan melakukan perubahan terhadap SK mengenai Caleg terpilih. Tiga dari PDI Perjuangan dan satu dari PKB.

Baca juga: Sebanyak 20 Klub Ikuti Turnamen Sepakbola DPRD Karanganyar

“Dalam rapat pleno diputuskan, KPU  menilai surat dari partai mengenai pengunduran diri Calegnya memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam pasal 48 PKPU 6/2024 dan Surat KPU 664 sehingga bisa diproses lebih lanjut untuk dilakukan penggantian calon terpilih,” jelasnya.

Daryono menambahkan, perubahan SK penetapan  Caleg terpilih, akan disampaikan ke semua partai politik (Parpol) dan Bawaslu.

“SK perubahan penetapan Caleg terpilih, segera kita sampaikan blepada Parpol dan Bawaslu,”pungkasnya. (Iwan-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN