29 C
Semarang
, 30 May 2024
spot_img

Honda Community Jateng Persiapkan Bikers Diajang National Safety Riding

Semarang, Jatengnews.id – Telah menjadi ajang bergengsi yang dinantikan setiap tahunnya, National Safety Riding Competition akan segera digelar oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) pada pertengahan Juni 2024 mendatang berlokasi di AHM Safety Riding Park Bekasi.

Segenap Main Dealer motor Honda dari seluruh Indonesia akan mengirimkan perwakilan terbaiknya untuk berlaga di National Safety Riding Competition ini.

Baca juga : Makin Retro Motor Ikonik Honda Super Cub C125 Punya Warna Baru

Tidak ketinggalan, Main Dealer Astra Motor Jateng juga akan mengirimkan perwakilan dari Jawa Tengah untuk unjuk gigih kemampuan terbaik insan Jawa Tengah. Seleksi regional telah dilakukan mulai 29 April sampai 15 Mei 2024 di Area Polresta Kota Surakarta dan Pelataran Astra Motor Center Semarang dengan diikuti 100 orang kontestan dari SMK Binaan dan Honda Community Jateng yang datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah (exclude Kedu, Banyumas).

Marketing Manager Astra Motor Jateng Budi Hartanto mengatakan bahwa kontes ini dilakukan guna menguji kompetensi, pengetahuan, dan skill berkendara anggota komunitas dimana mereka akan menjadi role model bagi bikers lainnya agar selalu mengutamakan #Cari_Aman berkendara.

“Ajang ini merupakan bentuk Semangat Sinergi Bagi Negeri untuk terus mengkampanyekan Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman. Semoga pencapaian terbaik dapat diraih oleh Jawa Tengah dalam ajang kompetisi Nasional nanti,” tutur Budi dikutip Senin (13/05/2024).

Berbagai uji ketangkasan dan skill berkendara #Cari_Aman sesuai regulasi National Safety Riding Competition diberikan seperti Breaking, Balancing (Narrow Plank), dan Low Speed Balance sebagai penilaian utama ujian ini. Para kontestan juga diwajibkan menggunakan standard safety check untuk riding pada saat kompetisi berlangsung.

Penilaian breaking dititikberatkan pada safety check peserta baik start ataupun finish dengan melihat apakah peserta melakukan pengereman dini atau tidak, dan pada saat proses start hingga finish ini motor harus berhenti dalam keadaan stabil, serta turun menggunakan kaki kiri. Penilaian berikutnya adalah balancing, pada tahap ini peserta akan melintasi papan titian atau biasa disebut narrowplank, dengan panjang 10 meter, lebar 30cm dan ketebalan 4 cm.

Setiap peserta diharapkan bisa berkendara menyeimbangkan sepeda motor diatas narrowplank dengan kecepatan serendah mungkin. Penilain terakhir adalah Low Speed Balance (LSB), pada tahap ini peserta harus melewati rintangan yang telat dipersiapkan dengan tidak menyentuh cone, pad/batas lintasan, serta menerapkan safety check.

Tentunya anggota Honda Community dan SMK binaan telah dibina lebih dulu sebelum seleksi regional ini diadakan. Bersama dengan Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Honda Community Jateng mengadakan “Latihan Bersama” (Latbar) yang diadakan di Astra Motor Center Semarang dan Tempat Uji SIM Polresta Surakarta pada bulan Maret – April lalu.

Baca juga : Crosser Astra Honda Delvintor Lanjutkan Aksinya Bersama CRF250R di MXGP Portugal

Harapannya Regional Safety Riding Competition ini bisa menjadi sarana komparasi skill berkendara anggota komunitas motor Honda. Dengan nilai yang diperoleh, peserta akan mengetahui seberapa tinggi tingkat skill yang dimiliki, hal ini bisa menjadi motivasi untuk mempelajari lebih detail terkait safety riding. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN