32.6 C
Semarang
, 26 May 2024
spot_img

Jamaah Calon Haji Kloter Pertama Diberangkatkan

Solo, JatengNews.id – Sebanyak 355 serta 5 orang petugas haji, Jamaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 1 diberangkatkan.

Jamaah Calon Haji dibernagkatkan pertama berasal dari Kabupaten Temanggung, melalui Bandara Adi Sumarmo Solo, Minggu (12/5/2024).

JCH diberangkatkan Wakil Menteri Agama Saiful Rahma Dasuki, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pangdam IV Diponegoro Mayjen. TNI Deddy Suryadi.

Baca juga: Calon Haji Termuda Asal Kota Semarang, Berdoa Lolos di Kampus Pilihan

Kepada para JCH, Pj Gubernur Jawa Tengah agar tetap menjaga kesehatan selama menjalankan  ibadah haji  di tanah suci Makkah. Menurut Nana Sudjana, ibadah haji memerlukan kekuatan fisik yang prima.

“Selalu jaga kesehatan. Jika sakit, segera hubungi pendamping dan pembimbing haji. Satu hal yang juga harus diperhatikan, saat beraktivitas, agar selalu bersama rombongan dan jangan terpisah,”ujarnya.

Dikatakannya, untuk musim haji tahun 1445 H atau tahun 2024, sebanyak 35.977 JCH yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah.

“Rata-rata masa tunggu JCH ini antara 12-13 tahun. Karena sudah diniatkan menjakan ibadah, laksanakan ibadah  dengan baik,” harapnya.

Baca juga: Mbak Ita Lepas Ribuan Calon Jemaah Haji Kota Semarang, Ini Pesannya

Sementara itu, Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rahma Indriadi menjelaskan, JCH yang akan diberangkatkan melalui Bandara Adi Sumarmo ini sebanyak 100 Kloter. Dengan total JCH sebanyak 35.977 orang. Dari jumlah tersebut, lanjutnya, 30 persen merupakan JCH berusia lanjut.

“Setelah memberangkatkan Kloter pertama, kami menerima empat Kloter. Masing-masing, Kloter dua yang merupakan gabungan Kabupaten Temanggung dengan Magelang serta Kloter tiga dan empat dari Kabupaten Magelang,”terangnya. (Iwan-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN