26 C
Semarang
, 21 May 2024
spot_img

Koalisi Indonesia Maju Bersiap Jelang Pilwakot Semarang

Semarang, Jatengnews.id – Setelah Koalisi Indonesia Maju (KIM) berhasil memenangkan pasangan Prabowo – Gibran dalam Pilpres 2024 lalu, kini mereka kembali bersatu untuk ajang pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwalkot) Semarang.

Terpantau, pada Selasa (14/5/2024) kemarin malam, para pimpinan partai di tingkat DPC Kota Semarang yang tergabung dalam KIM berkumpul di Hotel Grandhika Semarang.

Pimpinan partai dari Gerindra, Golkar, PBB, PAN, PSI, Gelora, Partai Demokrat, Garuda dan Prima tersebut, dan kembali bersatu untuk meneruskan koalisinya dalam Pilwakot Semarang 2024.

Baca juga: KPU Pastikan Tak Ada Calon Independen di Pilkada Demak

“Entah bagaimana caramya kita bangun kerjasama politik (koalisi KIM), kita bangun, kita kawal pemetintahan Kota Semarang,” kata Ketua KIM Kota Semarang, Joko Santoso dalam pertemuan semalam.

Kiranya, perjuangan koalasi partai yang tergabung dalam KIM belum selesai dan masih harus berjuang di ajang Pilkada khususnya Pilwalkot Semarang yang akan digelar pada November 2024 mendatang.

“Saya harap kita (KIM) akan bangun (menang dalam Pilwalkot) Kota Semarang sehingga semakin maju,” ujarnya.

Dirinya juga mengajak para pimpinan partai untuk mulai melakukan penjajakan dan mencari sosok siapa yang nantinya bakal bersama-saam diusung dalam kontestasi Pilwalkot tersebut.

“Kalau ada yang serius (untuk maju bakal calon Pilwalkot), langsung kita undang secara resmi penjajakan politik dan pendalaman,” ucapnya langkah yang dilakukan partanya yakni Gerindra.

Dalam momen pertemuan tersebut, ada salah satu sosok yang melemparkan lamaran kepada KIM untuk maju Pilwalkot, namun pihak Joko belum memberikan jawaban yang jelas.

“Masih dinamis, karena kit punya dua tugas, pileg untuk membuat kapal pesiar dulu, biar enak dinaiki enggak kena ombak sana sini,” ujarnya saat ditanya perihal tersebut.

Maksutnya, ia tidak ingin mendahului keputusan partai-partai lain karena memiliki mekanisme masing-masing.

Sementara, sosok yang melontarkan lamaran tersebut yakni Anggota Komisi X DPR dari Fraksi Demokrat, Yoyok Sukawi.

Baca juga: Iswar Dekati Partai Politik Jelang Pilwakot Semarang

Pria yang akrab dipanggil Yoyok Sukawi tersebut, meminta restu untuk maju bakal calon wali kota dalam Pilwalkot Semarang 2024 di hadapan KIM.

“Saya mohon izin, ingin malamar KIM untuk pencalonan wali kota Semarang 2024. Kami ajan mendaftar ke semua (partai yang tergabung KIM), kita sudah awali di Partai Golkar,” ucanya dalam sambutan acara pertemuan tersebut. (Kamal-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN