26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Semakin Dipercantik, Wisata Pemandian Air Panas Guci Suguhkan Beragam Fasilitas Lengkap dan Modern

Wisata Pemandian Air Panas Guci menjadi salah satu primadona lokasi kunjungan wisata di Jawa Tengah. Dikelola dengan baik dan apik, wisata yang terletak di Kabupaten Tegal saat ini selalu ramai dipadati pengunjung baik wisatawan lokal maupun luar negeri.

JatengNews.id – Tegal merupakan salah satu kota di Pantai Utara Jawa yang dijuluki sebagai Kota Bahari. Selain terkenal karena Warung Tegal atau Wartegnya, Tegal juga memiliki banyak wisata dari wisata alam hingga wisata pantai. 

Diketahui Tegal berdiri pada 18 Mei 1601 yang dipercaya berasal dari kata Teteguall. Nama tersebut diberikan oleh salah seorang pedagang Portugis yakni Tome Pires yang singgah di Pelabuhan Tegal.

Wisata alam yang terkenal dan sangat populer di Tegal adalah Obyek Wisata Air Panas Guci yang terletak di Desa Guci. Kawasan ini memiliki suasana yang sejuk dan asri di bawah lereng Gunung Slamet. Sehingga Guci menjadi destinasi wisata alam yang selalu menjadi daya tarik wisata lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Bernostalgia di Wisata CLBK Semarang, Yuk Nikmati Air Terjun yang Elok Hingga Alam yang Sejuk

Pemandian Air Panas Guci, dipercaya masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat kulit menjadi lebih awet muda. Sehingga banyak masyarakat berbondong-bondong berendam di Obyek Wisata Air Panas Guci.

Pemandian Air Panas Guci di Kabupaten Tegal tampak semakin bangus. (Foto: Nizar)

Nama “Guci” sendiri berasal dari legenda setempat tentang sebuah guci yang ditemukan di kawasan tersebut, yang konon dapat menghasilkan air panas.

Jika kamu akan berwisata ke Obyek Wisata Air Panas Guci, setibanya di Guci, tentu kamu akan disambut oleh pemandangan alam yang hijau dan sejuk, khas dataran tinggi. Suara gemericik air dan udara segar pegunungan pun langsung menyegarkan pikiran setelah perjalanan panjang dari kota.

Harga Tiket

Harga tiket Obyek Wisata Guci cukup ekonomis dan tidak membuat kantong jebol, hanya dengan Rp 10 ribu per orang dan bisa menikmati fasilitas berendam di pemandian air panas dan kolam renang. Kawasan objek wisata ini buka setiap hari tanpa batasan jam operasional kerja.

Pintu masuk objek wisata Pemandian Air Panas Guci di Kabupaten Tegal. (Foto: Nizar)

Seiring dengan perkembangan waktu, banyak perubahan signifikan yang  ditemukan di Obyek Wisata Air Panas Guci. Salah satu yang paling mencolok adalah fasilitas yang semakin lengkap dan modern. Hal ini dalam rangka terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Jawa Tengah khususnya di Obyek Wisata Air Panas Guci.

Baca juga: Ngargoyoso Waterfall, Wisata Baru di Karanganyar Sajikan Pemandangan Alam dan Mempesona

Yang menjadi ketagihan pengunjung yakni pengalaman ketika memasuki area pemandian, ada beberapa kolam pemandian air panas dengan suhu yang bervariasi. Mulai dari kolam umum yang besar hingga kolam pribadi yang lebih kecil, semuanya dikelola dengan baik dan bersih.

Kemudian secara keamanan juga terjamin karena dijaga 24 jam oleh para pegawai yang bekerja dalam tiga shift setiap harinya.

Salah seorang wisatawan dari Semarang saat ditemui tim Jatengnews.id menuturkan bahwa pemandian air panas Guci menjadi destinasi favorit keluarganya saat liburan baik weekend maupun saat libur panjang atau hari besar.

“Favorit saat liburan ya mandi di Guci mas, apalagi fasilitas disini sudah modern dan nyaman juga, air nya bersih dan terjaga juga jadi enak untuk berendam,” ujar Tiara selepas berendam bersama keluarganya.

Objek wisata Pemandian Air Panas Guci di Kabupaten Tegal terlihat ramai. (Foto: Nizar)

Tiara yang juga menginap di salah satu villa di Guci itu menghabiskan weekend bersama keluarga dengan menikmati beragam fasilitas yang ada di Guci. Diketahui terdapat berbagai pilihan penginapan mulai dari hotel berbintang hingga villa dan homestay yang bisa disesuaikan dengan budget.

“Aku memilih menginap di salah satu villa yang menawarkan pemandangan langsung ke arah pegunungan dan kolam air panas,” ujarnya.

Selain itu, di sekitar area wisata, terdapat banyak warung makan dan restoran yang menyajikan berbagai makanan lokal dan internasional. Salah satu yang adalah lontong tempe hingga nasi liwet khas Tegal yang sangat lezat.

Tak sampai disitu saja, bagi wisatawan yang membawa keluarga, terutama anak-anak, tersedia taman bermain dan wisata berkuda yang sangat menyenangkan.

Rute Menuju Obyek Wisata

Menuju Obyek Wisata Air Panas Guci tidaklah sulit. Jika dari pusat Kabupaten Tegal sekitar 46 km dan memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit. Dimana sepanjang perjalanan terdapat papan rambu petunjuk arah ke area Obyek Wisata Guci.

Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa naik angkutan umum seperti bus atau travel yang menuju ke arah Slawi, kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan lokal atau ojek menuju Guci.

Ditempat lain, wisatawan asal Jakarta yang hendak balik dan terlihat sibuk mengemas barang bawaannya menuturkan kesan bahagia nya berlibur di Obyek Wisata Guci.

Baca juga: Memandang Keindahan Sunrise?, Bukit Cinta Wonosobo Jadi Favorit Wisatawan

“Perjalanan saya ke Obyek Wisata Air Panas Guci Guci benar-benar memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan,” ujar Rian sumringah.

Air terjun di objek wisata Pemandian Air Panas Guci di Kabupaten Tegal. (Foto: Nizar)

“Berbagai perubahan yang terjadi, mulai dari fasilitas yang semakin lengkap, harga tiket yang masih terjangkau, hingga kebersihan yang terjaga dengan baik, membuat destinasi ini semakin menarik untuk dikunjungi,” tandasnya.

Jadi, buat kamu yang mencari tempat untuk berlibur dan merelaksasi diri dari rutinitas sehari-hari, Guci adalah pilihan yang tepat. Keindahan alamnya, khasiat air panasnya, serta berbagai fasilitas yang tersedia menjadikan Guci sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah. Lalu kapan kamu akan ke Guci?. (Adv-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN