26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Pemkot Semarang Beri Penjelasan Terkait Event Tugu Muda Marathon

Semarang, Jatengnews.id – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Semarang, Fravarta Sadman memberikan klarifikasi terkait penyelenggaraan Tugu Muda Marathon yang menimbulkan banyak polemik hingga ramai dibicarakan di jagat media sosial.

Fravarta menyebut jika dalam event tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam hal ini hanya memfasilitasi tempat.

Baca juga : Libur Sekolah, Taman Lele Semarang Jadi Rekomendasi Wisata Asyik dan Murah Bareng Keluarga

“Itu bukan kegiatan inisiatif dari Pemkot Semarang, jadi tidak ada anggaran yang ke situ,” ujar Fravarta melalui sambungan telepon, Jumat (24/5/2024).

Dirinya menjelaskan bahwa event organizer Dolan Aja Dulu sebagai penyelenggara kegiatan Tugu Muda Marathon dan tidak ada kerja sama penyelenggaraan event dengan Pemkot Semarang.

Bahkan, lanjutnya, tidak ada alokasi APBD Kota Semarang yang digunakan dalam event Tugu Muda Marathon. “Itu mereka mau mengadakan kegiatan marathon 5 km, 10 km, 21 km dan kemudian mau izin meminjam tempat di situ. Mereka audiensi, sekaligus menyampaikan bahwa ingin menggunakan Balai Kota Semarang,” paparnya.

Pemkot Semarang memberikan izin penggunaan halaman Balai Kota Semarang dengan syarat-syarat tertentu yang wajib dipatuhi oleh penyelenggara event.

“Pemerintah kota tidak ikut andil dalam kegiatan ini. Artinya siapa pun sebetulnya boleh-boleh saja untuk memakai halaman Balai Kota Semarang, kan itu ruang terbuka. Dengan izin ke Bagian Rumah Tangga Setda Kota Semarang,” imbuhnya.

Kebetulan, lanjut Fravarta, hari tersebut Balai Kota Semarang sedang tidak digunakan sehingga mereka bisa memakainya. “Mereka juga minta tolong untuk menghubungkan ke Dishub terkait jalur, justru kami itu membantu,” sebut Fravarta.

Dia menekankan, jika penyelenggaraan event tersebut bukan inisiatif Pemerintah Kota Semarang. Justru Pemkot Semarang punya agenda kegiatan marathon yang akan berlangsung pada akhir September 2024 nanti.

“Pemkot punya gawe sendiri menggandeng salah satu media nasional menggelar Semarang 10k September nanti. Nah itu bener-bener kegiatan kita bekerja sama dengan Kompas, sharing kan gitu,” bebernya.

“Kalau ini (Tugu Muda Marathon-red) murni kegiatan event organizer Dolan Aja Dulu yang basecampnya berada di Jalan Hasanudin G12B Plombokan, Semarang Utara, Kota Semarang,” jelas dia.

Fravarta menegaskan, jika segala risiko terkait penyelenggaraan event Tugu Muda Marathon menjadi tanggung jawab penuh event organizer Dolan Aja Dulu.

Baca juga : SMPN 22 Semarang Raih Juara 1 Kompetisi AIA Healthiest School

Pemkot Semarang memberikan izin penggunaan halaman Balai Kota Semarang dengan syarat-syarat tertentu yang wajib dipatuhi oleh penyelenggara event. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN