26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Rukma Setyabudi Resmi Ambil Formulir Cagub Jateng di PDI Perjuangan

Semarang, Jatengnews.id – Mantan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi resmi mengambil formulir pendaftaran Cagub Jateng di Panti Marhaen DPD PDI Perjuangan Jateng Jumat (24/5/2024).

Rukma yang juga merupakan politisi senior PDI Perjuangan menjelaskan alasan ikut dalam persaingan Cagub Jateng 2024, yakni merasa prihatin dengan kondisi politik yang terjadi saat ini.

Baca juga: Coba Peruntungan, Agus Haryanto Daftar Cawabup Lewat PDI Perjuangan Karanganyar

‘’Sangat ingin saya sampaikan, menjadi keprihatinan saya, melihat keadaan politik negara kita saat ini yang carut-marut dan darurat. Hampir semua dilakukan adalah politik praktis. Kalau seperti itu, yang dihasilkan bakal seperti apa, akan sangat sulit,’’jelas Rukma.

Rukma berharap ingin kembalikan seperti yang diajarkan oleh Proklamator Bung Karno, Marhaen, yaitu rakyat kecil yang mampu berdiri di atas kaki kita sendiri. 

‘’Jangan sampai dengan politik praktis ini, ideologi kita yang utama untuk rakyat, terkikis. Kita perlu sampaikan dan ajak semua untuk kembali ke ideologi yang benar untuk bangsa dan negara,’’tambahnya.

Rukma menegaskan hanya mendaftarkan diri calon gubernur hanya melalui PDI Perjuangan saja, dan tidak tertarik ke partai lain. Apalagi dirinya dibesarkan melalui PDI Perjuangan.

‘’Tentunya saya harus yakin. Dan saya hanya akan mendaftarkan diri sebagai calon Gubernur Jateng di PDIP saja, karena PDIP lah yang membesarkan saya selama ini. Keputusan siapa yang akan diusung PDIP untuk maju di Pilgub Jateng, ada di ketua kami, Ibu Megawati Soekarno Putri. Dan dalam proses penjaringan ini, siapapun boleh mendaftar. Dan saya sebagai kader tua, ingin ikut terlibat dalam proses penjaringan ini,” jelasnya.

Baca juga: VIDEO PDIP Buka Pendaftaran Bakal Calon Pilgub  Jateng 2024

Perlu diketahui Rukma Setyabudi memulai karir politik bersama PDI Perjuangan yakni pada 1999 dengan menjadi anggota DPRD Kab Purworejo. Pada 2004 menjadi anggota DPRD Prov Jateng.

Selama tiga periode yakni 2004-2009, 2009-2014, dan 2014-2019 duduk di DPRD Prov Jateng, dan 2014 pernah menjadi  Ketua DPRD Jateng.(02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN