24 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Pemkab Temanggung Fokus Atasi DBD di Enam Kecamatan

Temanggung, Jatengnews.id  – Upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD terus digulirkan Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Kesehatan. Salah satunya melalui pemberantasan sarang nyamuk dengan pengasapan atau fogging.

Penjabat (Pj) Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menyampaikan, pengasapan ini difokuskan di enam kecamatan, yakni Kecamatan Temanggung, Bejen, Kaloran, Bulu, Kranggan, Parakan dan Kranggan. Sejak bulan Januari hingga Juni di enam kecamatan ini telah ditemukan sebanyak 1.032 kasus. Dari jumlah itu, 1.030 dapat tertangani medis dan sembuh, namun dua orang lainnya dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga : Jelang Pilkada, 8.000 Penduduk Temanggung Belum Rekam KTP Elektronik

“Di Desa Joho ini, 11 warga mendapat perawatan medis di rumah sakit, karena terjangkit penyakit DBD, namun sekarang sudah sembuh,” kata Hary Agung Prabowo saat kegiatan fogging di Desa Joho, Kecamatan Temanggung belum lama ini.

Ia menyebutkan, kasus terbanyak ditemukan di Kecamatan Temanggung sebanyak 189 kasus, kemudian di Kecamatan Kranggan 98 kasus, Kandangan 84 kasus, Parakan 81 kasus, dan Kaloran 71 kasus.

“Ada dua yang meninggal dunia, itu ada di Kaloran dan Bejen. Kemarin saya ke sana dan mengecek lokasi yang disinyalir menjadi sarang nyamuk dan dari Dinkes sudah melakukan penanganan,” katanya dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng Jumat (07/06/2024).

Menyikapi kondisi tersebut, Hary mengajak masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan 3-M plus.

“Jangan sampai ada genangan air di sekitar rumah, kalau ada segera dibuang genangan air itu, supaya jentik-jentik nyamuk tidak menyebar di sana. Kalau itu menyebar akan bertebaran dan mesti akan menjadi masalah di kemudian hari,” tegasnya.

Hary meminta agar Dinkes terus melakukan pengawasan ketat terkait penyebaran Demam Berdarah Dengue ini, agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Baca juga : Warga Mengarak Pendaftaran Wakil Bupati Temanggung Agus Setyawan di Kantor PDIP

“Saya minta Dinas Kesehatan melakukan tindakan ke bawah. Apabila ditemukan kasus, ataupun terjadi kejadian luar biasa, harus tanggap dan langsung ditangani terhadap masyarakat yang terkena,” pungkas Hary. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN