33 C
Semarang
, 27 July 2024
spot_img

KKN UNDIP 2024 Tersebar di 12 Kabupaten dan Kota di Jateng, Berikut Daftar Wilayahnya!

Semarang, JatengNews.id – Universitas Diponegoro (UNDIP) menerjunkan ribuan mahasiswa KKN Undip 2024 tersebar di 12 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah.

KKN Undip 2024 yang diterjunkan di 12 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah ini akan dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus selama kurang lebih 45 hari.

KKN Undip 2024 ini diharapkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan sumber daya manusia di Jawa Tengah.

Kepala Pusat Pelayanan KKN Undip, Kurniawan Teguh Martono mengungkapkan, ada 7200 mahasiswa KKN Undip 2024 yang nantinya bakal tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Jateng untuk melaksanakan KKN atau yang dikenal dengan kuliah kerja nyata (implementasi ilmu di masyarakat).

Baca juga: Sebanyak 7200 Mahasiswa Undip KKN di 12 Kabupaten di Jateng

“7200 mahasiswa KKN Uundip 2024 ini tersebar di 12 kabupaten, ini kita bagi tiga gelombang untuk diberikan pembekalan,” ungkapnya saat ditemui di gedung Fakultas Hukum Undip.

Kegiatan pembekalan KKN Undip 2024 ini dilaksanakan di Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip.

Lokasi KKN Undip 2024  ini bakal dilaksanakan di, Pemalang, Pekalongan, Batang, Temanggung, Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Wonogiri dan Surakarta.

“Mahasiswa akan KKN Undip 2024 terseber dibeberapa wilayah tadi kurang lebih 5 hari. Pembekalan ini fokus kami adalah memberikan informasi-informasi yang berkaitan dengan KKN, seperti program multi disiplin dan keilmuan,” jelasnya kepada Jatengnews.id.

Fokus dari program KKN Undip 2024 ini, salah satunya yakni penurunan stunting dengan bekerjasama dengan stake holder untuk membantu memberikan perawatan kesehatan ibu dan anak seperti imunisasi.

“Selain itu, mahasiswa juga akan mengembangkan potensi wilayah yang ada di lokasi,” paparnya.

Pasalnya, bisa jadi para mahasiswa ini nanti juga bakal membantu meningkatkan potensi wisata di daerah tersebut.

“Pihaknya juga berupaya membantu mengurangi kemiskinan di Jateng, meskipun pastinya tidak bisa terjadi secara tiba-tiba dalam 45 hari selesai,” imbuhnya.

Artinya, upaya-upaya meningkatkan SDM di lokasi KKN Undip 2024 juga menjadi proiritas mahasiswa dihadirkan diwilayah-wilayah tersebut.

“Salah satu contoh yang kita angkat nanti di Kabupaten Magelang, di kabupaten ini ada program yaitu bagaimana untuk mengatasi anak tidak sekolah. Pada periode yang lalu kita sudah melakukan pendataan anak tidak sekolah, nah pada periode ini nanti akan kita tingkatkan lagi bidang pendataan untuk kelanjutan anak yang tidak sekolah ini akan diapakan,” terangnya.

Baca juga: Sebanyak 80 Orang Keracunan Makanan Acara PKK

Peserta KKN, Mahasiswa Fakultas Hukum Undip, Sukma Rahayu Ningsih mengaku, berencana melakukan KKN di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten.

“Proker yang multi disiplin kita akan membuat videografik yang kita akan posting di web desa dan youtube desa. Itu tentang pengenalan desa dan potensi apa yang ada di desa itu,” katanya saat disela-sela pembekalan.

Dirinya bersama 9 temannya yang terbagi di 10 desa di Kecamatan Wedi tersebut, untuk berupaya mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

“Kemarin sudah survey, insya’allah siap (KKN di Wedi). Harapannya saya dan temen-temen semua dari tim KKN dari undip bisa memberikan kesan yang baik untuk desa dan bisa membantu memajukan desanya,” tegasnya.

Demikian informasi, ribuan mahasiswa KKN Undip 2024 siap diterjunkan di 12 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. (Kamal-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN