28 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Sebanyak 7200 Mahasiswa Undip KKN di 12 Kabupaten di Jateng

Semarang, Jatengnews.id – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, siap menerjunkan mahasiswanya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan sumber daya manusia di Jateng dalam program KKN.

Kepala Pusat Pelayanan KKN Undip, Kurniawan Teguh Martono mengungkapkan, ada 7200 mahasiswa Undip yang nantinya bakal tersebar di beberapa kabupaten/kota di Jateng untuk melaksanakan KKN atau yang dikenal dengan kuliah kerja nyata (implementasi ilmu di masyarakat).

Baca juga: KISAH Imam Adlan Wisudawan Terbaik UIN Walisongo, Punya Segudang Prestasi

“7200 mahasiswa ini tersebar di 12 kabupaten, ini kita bagi tiga gelombang untuk diberikan pembekalan,” ungkapnya Sabtu (8/6/2024) saat ditemui di gedung Fakultas Hukum Undip.

Kegiatan pembekalan ini dilaksanakan di Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip.

Lokasi KKN ini bakal dilaksanakan di, Pemalang, Pekalongan, Batang, Temanggung, Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Wonogiri dan Surakarta.

Fokus dari program KKN ini, salah satunya yakni penurunan stunting dengan bekerjasama dengan stake holder untuk membantu memberikan perawatan kesehatan ibu dan anak seperti imunisasi.

“Kami juga berupaya membantu mengurangi kemiskinan di Jateng, meskipun pastinya tidak bisa terjadi secara tiba-tiba dalam 45 hari selesai,” imbuhnya.

Artinya, upaya-upaya meningkatkan SDM di lokasi KKN juga menjadi proiritas mahasiswa dihadirkan diwilayah-wilayah tersebut.

Baca juga: Antisipasi Kemarau, Lanud Adi Soemarmo Dukung Operasi Modifikasi Cuaca

Peserta KKN, Mahasiswa Fakultas Hukum Undip, Sukma Rahayu Ningsih akan melakukan KKN di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten.

Dirinya bersama 9 temannya yang terbagi di 10 desa di Kecamatan Wedi tersebut, untuk berupaya mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).(Kamal-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN