31 C
Semarang
, 23 July 2024
spot_img

Awak Kapal Rusia Hilang di Selat Malaka, Tim SAR Terus Lakukan Pencarian

Magelang, Jatengnews.id – Awak Kapal MV YASHMA yakni Kirill (22) hilang di perairan selat pada Sabtu (6/7/2024). Sampai saat ini Tim SAR masih melakukan pencarian.

“Masih belum ditemukan korban, dan korban dinyatakan hilang pada Sabtu (6/7) pukul 8.00 WIB,” kata Kepala Basarnas Pekanbaru, Budi Cahyadi dikutip dari Suara,com jaringan berita Jatengnews.id, Senin (08/07/2024).

Baca juga : 3 Nelayan Kapal KM Berkah Selamat Usai Alami Kebocoran Haluan

Budi mengatakan, tim SAR gabungan melakukan pencarian setelah didapat informasi dari Basarnas Command Center (BCC) yakni fasilitas terpadu untuk mempermudah koordinasi, pengendalian dan pemantauan pelaksanaan operasi.

Operasi SAR membutuhkan kecepatan dalam mengambil suatu keputusan dan keberadaan BCC adalah untuk tim di lapangan sehingga dapat bekerja secara terstruktur dan hasil operasinya dapat dilihat.

“Kapal MV Yashma disebut berangkat dari Pelabuhan asal Bolshoy Port of St. Petersburg Rusia tujuan Vungtau, Vietnam. Korban dilaporkan tenggelam pada titik koordinat 01°48’00” N 102°23’09”, karena terjatuh,” kata Budi.

Ia menjelaskan menurut pihak MV YASHMA, upaya pencarian awal sudah dilakukan namun korban masih belum ditemukan.

Pada Sabtu (6/7) kata Budi lagi,tim SAR melakukan koordinasi dengan VTS Dumai agar mengecek kapal-kapal yang melintas di sekitar lokasi.

“Pada pukul 20.10 WIB, kantor SAR Pekanbaru menghubungi VTS Dumai menanyakan info perkembangan pencarian MV YASHMA namun dengan informasi yang disampaikan masih nihil,” katanya.

Baca juga : 500 Kapal Nelayan Ikut Terlibat Dalam Sedekah Laut Larung Sesaji di Tambaklorok Semarang

Berikutnya pada pukul 22.30 WIB kapal Bakamla KN Belut Laut 406 berkomunikasi dengan MV YASHMA melalui channel 16 radio VHF meminta bantuan pencarian terhadap crew MV YASHMA dan membantu melakukan pencarian di sekitar lokasi. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN