33 C
Semarang
, 23 July 2024
spot_img

Risiko Menyantap Makanan yang Dibakar Saat Hamil

Semarang, Jatengnews.idIbu hamil sebenarnya boleh-boleh saja menyantap makanan yang dibakar, hanya saja, makanan tersebut harus benar-benar dipastikan matang.

Makanan harus dimasak hingga matang untuk memastikan tak ada lagi bakteri maupun parasit yang ada di dalam makanan. Jika makanan dibakar tidak sampai matang, hal itu justru berbahaya dan bisa berdampak pada kehamilan.

Baca juga : Megawati Soekarno Putri Akan Launching Buku Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil untuk Wilayah Indonesia Bagian Timur

Dikutip dari Suara.com, konsumsi makanan yang masih mentah dapat menyebabkan keracunan, diare, kram perut, hingga muntah pada ibu hamil.

Dan bukan hanya masalah mentah, makanan yang dibakar juga sebaiknya tidak terlalu gosong. Jika makanan itu terlalu gosong, maka dapat menghasilkan senyawa hidrokarbon aromatik polisiklik atau karsinogen yang menjadi penyebab kanker.

Dalam penelitian, makanan yang terlalu gosong juga bisa sebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi menjadi lebih pendek, hingga lingkar kepala yang lebih kecil dari ukuran biasanya.

Dengan demikian, makanan yang dibakar untuk ibu hamil diperbolehkan jika tingkat kematangannya tepat. Namun, jika makanan tersebut kurang matang atau justru sampai gosong, ini yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan.

Baca juga : Bahaya Remaja Perempuan Jangan Hamil Kalau Masih Merokok dan Minum Alkohol

Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang dibakar untuk mencegah masalah-masalah yang ada. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN