29 C
Semarang
, 15 April 2024
spot_img

Menyusuri Telaga Sunyi Baturraden yang Menenangkan

Banyumas, Jatengnews.id – Banyumas khususnya daerah Baturraden banyak daya tarik wisata pilihan. Dari wisata alam yang menyajikan keindahan alam yang asri sampai wisata buatan dengan wahana yang unik.

Salah satu wisata alam di sekitar Baturraden yang sampai saat ini masih terjaga keasriannya adalah Telaga Sunyi. Berada di tengah hutan pinus dan damar membuat suasana Telaga Sunyi sepi dan menenangkan. Udaranya pun sangat segar. Apalagi airnya berasal langsung dari mata air Gunung Slamet. Bila kita menyentuh airnya akan terasa dingin menyegarkan.

Baca juga : Kelezatan Otentik, Tengkleng Kambing Pak Manto Jadi Favorit Wisatawan

Telaga Sunyi berbentuk kolam air yang tidak begitu luas dengan kedalaman kurang lebih sampai 5 meter. Diawali dengan air terjun kecil dan berakhir dengan sungai yang banyak batunya. Sehingga membuat terdengar suara gemericik air yang iramanya menenangkan. Di samping Telaga Sunyi juga terdapat gua sepanjang 6 meter.

Bila air sedang jernih-jernihnya, pengunjung bisa melihat dasar dari Telaga Sunyi dan ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Kejernihan dan kesegaran air di Telaga Sunyi ini membuat banyak pengunjung berenang di dalam Telaga Sunyi.

Untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi diving atau snorkling di air tawar, bisa mencobanya di Telaga Sunyi. Tarifnya sampai Rp200.000 per orang sudah termasuk alat dan pemandu.

Sebelum diving atau snorkling sebaiknya menghubungi pihak Telaga Sunyi terlebih dahulu. Untuk mengetahui keadaan air dan ketersediaan alat.

Namun, untuk pengunjung yang hanya ingin berenang atau sekedar membasahi air juga bisa. Ada bagian telaga yang dangkal, hanya sedalam setengah sampai 1 meter. Kamar mandi pun disediakan jadi pengunjung bisa berganti pakaian dengan nyaman.

Selesai berenang dengan air yang dingin di Telaga Sunyi, sangat nikmat menyantap mendoan dan secangkir kopi. Ada beberapa warung di Telaga Sunyi yang menyediakan mendoan khas Banyumas.

Telaga Sunyi buka setiap hari dari jam 8.00 sampai jam 17.00. Tiket masuk Telaga Sunyi cukup terjangkau. Jarak dari tempat parkir ke Telaga Sunyi juga tidak jauh. Hanya perlu berjalan 5 menit saja sudah sampai.

Lokasi Telaga Sunyi berada di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, atau sekitar 15 menit dari Wana Wisata Baturraden. Akses jalan menuju Telaga Sunyi juga sudah bagus. Hanya saja jalannya berkelok dan menanjak khas daerah pegunungan. Namun aman dilalui karena tidak begitu curam.

Baca juga : Tips Hindari Nyeri Dada Berulang Pada Pasien Penyakit Jantung

Telaga Sunyi ini cocok untuk pengunjung yang ingin menenangkan pikiran. Karena suasananya memang sunyi dan udaranya yang benar-benar segar. Telaga Sunyi juga tidak ada spot swafoto buatan, keasrian alamnya benar-benar masih terjaga. Cocok untuk pengunjung yang benar-benar ingin menikmati alam. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN