27 C
Semarang
, 18 April 2024
spot_img

Jalur Pendakian Gunung Lawu Kembali Dibuka

Karanganyar, Jatengnews.id – Setelah ditutup lebih dari dua bulan, jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu melalui  Cemorokandang Tawangmangu dan Candi Cetho Kecamatan Ngargoyoso, akhirnya dibuka kembali mulai hari Jumat (15/3/2024) pukul 01.00 WIB dinihari.

Selain jalur pendakian Gunung Lawu, lokasi wisata Taman Saraswati dan Pringgodani juga dibuka kembali.

Baca juga: Upaya Penanganan Pemprov Jateng ke 6 Daerah Terdampak Banjir

Administratur/KKPH Surakarta, Herry Merkussiyanto P, Kamis (14/3/2024) malam menyampaikan, pembukaan kembali jalur pendakian Gunung Lawu dan dua wahana wisata tersebut berdasarkan hasil koordinasi bersama Disparpora, Relawan Anak Gunung Lawu (AGL), Relawan Cetho serta BPBD Karanganyar.

Menurut Herry, pertimbangan dibukanya kembali jalur pendakian Gunung Lawu tersebut berdasarkan arahan dari kantor Perhutani pusat yang berdasarkan  permohonan dari sukarelawan baik AGL dan Candi Cetho dan surat keterangan Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar Hendro Prayitno.

“Setelah menerima arahan dari Perhutani Pusat, kami langsung bergerak cepat dan membuka kembali jalur pendakian menuju Puncak Gunung Lawu,”terangnya.

Harry menjelaskan, pembukaan jalur pendakian ini bersifat situasional. Artinya, jika terjadi cuaca ekstrem, maka akan ditutup. Jika cuaca cerah, akan dibuka kembali.

“Kita akan terus melakukan koordinasi dengan relawan AGL dan Cetho mengenai operasional pendakian,”jelasnya.

Baca juga: Pemkab Karanganyar Hentikan Pembangunan Kawasan Kebun Teh Kemuning

Ditambahkannya, untuk perjanjian kerjasama (PKs) pendakian Gunung Lawu dan wana wisata Saraswati dan Pringgodani, akan dibahas selanjutnya.

“Mengenai PKS yang baru, akan kita bahas selanjutnya. Untuk sementara mengacu ke PKS yang lama termasuk retribusi,”pungkasnya. (Iwan-02).

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN