29 C
Semarang
, 21 July 2024
spot_img

Ratusan Warga Terdampak Banjir Semarang Dievakuasi, Ada Anak-anak Hingga Orang Sakit

Semarang, JatengNews.id – Ratusan warga terdampak banjir Kota Semarang terus dievakuasi oleh Tim SAR gabungan, Kamis 14 Maret 2024.

Ratusn warga terdampak banjir Kota Semarang terus dievakuasi oleh SAR gabungan ada anak-anak, orang sakit untuk dibawa ke lokasi pengungsian.

Sebelumnya, hujan seharian dengan intensitas sedang hingga ekstrim, Rabu 13 Maret 2024 malam hingga Kamis 14 Maret 2024 malam yang melanda kota Semarang mengakibatkan banjir. Ketinggian banjir dari 40 cm hingga 150 cm lebih itu membuat masyarakat terdampak harus mengungsi.

Baca juga: Tim SAR Temukan Masruri Korban Tenggelam di Sungai Gung Tegal

Ratusan potensi SAR dan juga relawan berjibaku berusaha menyelamatkan warga yang terdampak banjir dan harus mengungsi, terutama anak-anak, wanita, serta orang sakit.

Tak terkecuali Basarnas Semarang yang juga mengirimkan 3 tim lengkap dengan perahu karet dan juga truk angkut personil untuk mengevakuasi warga yang kebanjiran.

“Banyak permintaan yang masuk ke kami untuk dievakuasi, terutama lansia dan juga anak-anak balita sehingga kami terjunkan 3 tim untuk melakukan evakuasi,” ungkap Budiono dalam keterangannya, Jumat 15 Maret 2024.

“Tim bergabung dengan potensi SAR lain untuk mengevakuasi warga, seperti di Mangkang, Genuk, Muktiharjo Kidul dan Tlogosari Kulon yang terendam cukup parah” Imbuhnya kemudian.

Tercatat hingga Jumat (15/3/24) dinihari tepatnya pukul 01.30 WIB, sebanyak 200 jiwa telah berhasil dievakuasi oleh Basarnas dan juga tim SAR gabungan dari beberapa titik.

Namun angka tersebut bisa bertambah mengingat ada juga warga yang melakukan evakuasi mandiri dan juga beberapa titik berhasil dievakuasi oleh tim SAR lainnya.

Saat ini banjir sudah mulai surut karena intensitas hujan mulai turun dan beberapa warga yang sempat mengungsi sudah kembali ke rumah mereka masing-masing. Namun, di beberapa titik yang sempat terlanda banjir parah masih tergenang air cukup tinggi.

Baca juga: Waspada BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah Sampai 17 Maret 2024

Ruas jalan Kaligawe juga masih tergenang cukup tinggi sehingga belum bisa dilalui segala jenis kendaraan dan kemacetan jalur pantura Semarang tak terelakkan. Hal ini karena hujan masih sesekali turun terkadang dengan intensitas tinggi.

Perkiraan BMKG Semarang masih akan dilanda hujan dengan curah yang cukup tinggi hingga pekan depan sehingga diharapkan warga Semarang untuk tetap waspada. Bila butuh bantuan silahkan hubungi Basarnas di nomor (024) 115 atau 7629192. Pelayanan Operasi SAR Gratis,” pungkas Budiono. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN