30 C
Semarang
, 23 April 2024
spot_img

Pemudik Naik 17 Persen, PT DLU Siapkan 5 Kapal Penumpang Arus Mudik Lebaran 2024

Semarang, JatengNews.id – PT Dharma Lautan Utama (DLU) Semarang menyiapkan 5 kapal penumpang pada arus mudik lebaran 2024.

Jumlah 5 kapal yang disiapkan PT DLU Semarang guna mengantisipasi jumlah lonjakan pamudik tahun ini yang diperkirakan naik hampir 17 persen atau 13 ribu pemudik di banding tahun 2023.

“Tahun ini kami menyiapkan lima kapal lintas Semarang untuk angkutan Lebaran 2024. Jumlah ini bertambah satu unit dibanding perayaan Idul Fitri tahun 2023 lalu,” ujar Manajer Cabang PT Dharma Lautan Utama (DLU) Semarang, Herman Fajar dalam acara buka puasa bersama agen dan ekspedisi, serta pemberian santunan kepada puluhan anak yatim piatu dari PT DLU, Kamis (21/3/2024) di Hotel Gets.

Baca juga: Hampir 200 Juta Orang Akan Lakukan Perjalanan Mudik Tahun Ini

Herman Fajar mengatakan, pada intinya, PT DLU siap menyediakan kapal untuk Lebaran tahun ini. Dimana PT DLU menyiapkan ada empat kapal reguler, yang tahun lalu melayani empat lintasan, yakni Semarang – Pontianak, Semarang Kumai, Semarang -Sampit dan Semarang Ketapang.

Namun pada tahun ini manajeman PT DLU mengantispasi lonjakan penumpang, dengan menambah satu kapal lagi yakni KM Kirana, dengan kapasitas 1.000 orang, dengan lintas Semarang – Kumai pulang pergi (PP).

“Jadi KM Kirana itu pun bukan hanya untuk angkuatan Lebaran, namun juga reguler lintas kapal Kalimantan tengah,” jelasnya.

Lebih lanjut Herman Fajar mengatakan, PT DLU pada tahun ini juga mendapatkan tugas menyediakan layanan mudik gratis, khususnya dari Kumai – Semarang pada tanggal 4 April 2024.

Sedangkan untuk arus baliknya H+3 (tanggal 14 April 2024), yakni dari Semarang.

“Itu ada juga balik gratis yang berlaku untuk semua masyarakat sekitar kapasitas 304 orang, kelas ekonomi. Jadi silakan, masyarakat yang ingin balik lebih awal dan gratis, menghubungi kantor PT DLU, dengan persyaratan membawa KTP asli dan KK (untuk yang mendaftar dengan keluarga). Pendaftaran untuk balik gratis itu, kami buka mulai Selasa tanggal 26 Maret 2024,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur SDM dan Umum PT DLU, M Wahyudin mengatakan, PT DLU pada intinya memberikan layanan maksimal kepada penumpang dengan moda transportasi kapal laut pada Lebaran tahun ini.

”Ukurannya adalah kenyamanan dan keselamatan. Kami memastikan, kapal yang kami siapkan di Cabang Semarang telah melewati pengecekan persyaratan dan siap untuk melayani angkutan Lebaran. Kami juga telah melakukan training karyawan dan kru baik di laut atau di darat, dengan prinsip gembira dan memudahkan pelanggan. Kami optimis, angkutan Lebaran dengan moda kapal laut tahun ini sukses,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang, Herwanto mengatakan, kesiapan untuk angkutan Lebaran 2024, pada prinisipnya sudah siap baik itu sarana dan prasarana, serta moda angkutan kapal laut.

”Selain dari PT DLU, kapal yang disiapkan juga dari PT Pelni ada empat kapal. Semua kapal-kapal itu, layak dan sudah dilakukan pengecekan. Posko Lebaran sendiri akan dimulai 26 Maret sampai 26 April 2024,” jelasnya.

Baca juga: 30 Juta Orang Bisa Gagal Mudik Lewat Kereta Api

Menurut dia, kesiapan kapal-kapal tersebut merupakan bagian dari antisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik Lebaran tahun ini yang diperkirakan mencapai 17 persen lebih dibanding tahun sebelumnya.

“Lonjakan terjadi, karena sudah tidak adanya lagi pembatasan atau larangan dan libur panjang delapan hari. Jika tahun lalu, jumlah penumpang di Tanjung Emas tercatat sebanyak 13 ribu orang, untuk tahun ini diprediksi mencapai 15 ribu orang,” tegasnya. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN