26.5 C
Semarang
, 23 April 2024
spot_img

Semangat Tuna Netra Tadarus Alquran

Solo, Jatengnews.id – Bulan Ramadan merupakan bulan berkah untuk lakukan perbuatan dan amal kebaikan. Tidak hanya melaksanakan salat tarawih, kegiatan bulan Ramadan ini juga dimanfaatkan untuk tadarus Alquran.

Seperti yang dilakukan oleh para tuna netra di Balai Rehabilitasi Sosial Bhakti Candrasa, Kota Solo. Mereka terlihat begitu bersemangat tadarus Alquran dengan mushaf Alquran braile.

Baca juga: Dokter Ingatkan Risiko Langsung Merokok Setelah Buka Puasa

Sartono, salah satu pengajar di Panti Tuna Netra tersebut mengatakan, kegiatan rutin ini dilakukan sejak awal bulan puasa lalu. Menurutnya, usai melaksanakan salat tarawih, para santri tuna netra ini melanjutkan dengan tadarus.

“Tadarus Alquran sudah dilakukan sejak awal puasa dan direncanakan hingga khatam Alquran,”ujarnya Sabtu (23/3/2024).

Sartono mengungkapkan, para santri ini telah mengenal Alquran yang menggunakan mushaf braille sejak sebelum masuk panti tuna netra di Balai Rehabilitasi.

“Tidak ada kesulitan bagi santri untuk membaca Alquran. Mereka begitu khusuk dan bersemangat,”terangnya.

Sementara itu, Ahmad Faizun, penyandang tuna netra asal Kebumen menuturkan, dia bisa membaca Alquran dengan menggunakan mushaf braille sejak di bangku sekolah dasar (SD).

Dikatakannya, sebelum bisa membaca Alquran, terlebih dahulu belajar huruf latin braile.

“Butuh waktu satu tahun untuk bisa membaca Alquran dengan mushaf braile ini. Alhamdulillah, sekarang sudah lancar,”terangnya.

Baca juga: Nikmatnya Kuliner Nasi Grombyang Khas Pemalang Cocok Buat Buka Puasa

Pria yang sejak kecil menyandang tuna netra ini, sudah satu kali khatam Alquran. Dan sejak awal Ramadhan, sudah masuk ke juz 17.

“Khatam Alquran sudah satu kali. Insha Allah Ramadhan ini bisa khatam lagi,”kata dia. (Iwan-02).

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN