31 C
Semarang
, 13 April 2024
spot_img

Nikmatnya Kuliner Nasi Grombyang Khas Pemalang Cocok Buat Buka Puasa

Pemalang, Jatengnews.id – Secara tampilan dan rasa Nasi Grombyang ini mirip dengan soto tauco ataupun rawon. Hanya saja sajian ini memiliki beberapa bumbu yang berbeda.

Dari penyajian, Nasi Grombyang biasanya disajikan di mangkok putih kecil. Kemudian nasi biasanya disajikan bersama irisan daging kerbau, kuah dan juga daun bawang. Biasanya kuliner ini didampingi dengan sate kerbau. Sate kerbau yang disajikan bisa disesuaikan dengan permintaan.

Baca juga : Pesona Desa Wisata Besani Batang Yang Memikat Hati

Bisa berisi daging penuh, jeroan, ataupun bagian lainnya. Sate kerbau ini pun dilengkapi dengan serondeng kelapa yang menggugah selera.

 Apalagi kuah sate yang berpadu dengan minyak cukup lezat untuk dimakan baik dengan Nasi Grombyang ataupun jadi menu tersendiri. Bahkan dengan kuah sambal satenya ini, Nasi Grombyang menjadi lebih sedap.

Nasi Grombyang pun sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota Pemalang. Salah satu yang cukup terkenal adalah Nasi Grombyang Pak H Warso dan Nasi Grombyang Waridin. Nasi Grombyang H Warso letaknya berapa di Jalan RE Martadinata atau utara Alun-alun Pemalang.

Sedangkan untuk Nasi Grombyang Waridin letaknya berada di Jalan Gatot Subroto atau dekat dengan SMAN 1 Pemalang.

Tak hanya Nasi Grombyang, ada satu lagi kuliner yang patut dicoba, yakni Lontong Dekem. Secara tampilan kuliner ini sebenarnya hampir mirip dengan Nasi Grombyang. Hanya saja jika Grombyang disajikan dengan nasi, kuliner ini menggunakan lontong untuk kondimen karbonya.

Baca juga : Panganan Jemunak dan Filosofi Nikmatnya Berpuasa Ramadan dari Magelang

Selain itu untuk bahan daging, Lontong Dekem disajikan menggunakan daging ayam. Berbeda dengan Nasi Grombyang yang sudah tersedia mulai pagi, penjual Lontong Dekem kebanyakan bisa dijumpai mulai sore hari. (Sumber Pemprov Jateng – 03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN