27 C
Semarang
, 27 July 2024
spot_img

Jelang Aturan One Way, Polda Jateng Siapkan Pengamanan Jalur Arteri

Semarang, JatengNews.id – Pengalihan arus dari Semarang ke Jakarta atau arah Barat karena adanya one way di jalur tol, Polda Jateng mengku telah menyiapkan jalur arteri, Jumat (5/4/2024).

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, telah dilakukan pengamanan di jalur arteri karena jalur arteri bakal menjadi alternatif utama bagi masyarakat yang melaksanakan perjalanan mudik ke arah Barat.

“Bagi pemudik yang menuju ke barat, nanti kita arahkan melalui jalur arteri. Mulai dari Semarang Pekalongan Brebes semuanya melalui arteri,” ungkapnya.

Baca juga: Kapolda Jateng Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi Sabtu 6 April 2024

Hal serupa juga akan diberlakukan dari Bawen atau Tingkir bila pihaknya mengambil kebijakan pelaksanaan one way lokal.

“Sifatnya situasional melihat jumlah kendaraan yang melintas di GT Kalikangkung, kalau per jam diatas 3000 kendaraan, One Way Lokal akan diberlakukan. Kendalinya oleh Dirlantas,” jelasnya.

Mengenai keamanan pemudik yang berkendara roda dua, pihaknya juga akan melakukan pengawalan secara estafet di setiap chekpoin kabupaten atau kota yang dilalui. Para pemudik roda dua akan kumpulkan di masing-masing cekpoin untuk dilakukan cek kesehatan sebelum melanjutkan perjalanan dengan pengawalan polisi.

Baca juga: Kapolda Jateng Pantau Kesiapan Jalan Tol Jelang Arus Mudik

Kapolda turut menghimbau para pemudik untuk mengutamakan keselamatan dalam berkendara dan mempersilahkan beristirahat di pos terdekat apabila merasa lelah selama perjalanan.

“Ingat keluarga kita menunggu di rumah, cek diri, cek kendaraan. Tidak usah tergesa-gesa, jadikan mudik ini suasana yang riang gembira. Jika ada kendala jangan segan hubungi polisi, kami siap 24 jam layani pemudik,” pungkasnya. (Kamal-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN