27 C
Semarang
, 27 July 2024
spot_img

Jelang Lebaran Perum Bulog Pastikan Stok Beras di Jawa Tengah Aman

Semarang, Jatengnews.id – Menjelang Idul Fitri 2024 Perum Bulog Jawa Tengah memastikan ketersediaan beras aman dan mencukupi.

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Jateng, Sopran Kenedi menjelaskan bahwa stok beras saat ini sangat cukup mencapai 26.854 ton dan masih akan terus bertambah lagi di bulan April 2024.

Baca juga : Semarang Catatkan Inflasi Terendah di Jawa Tengah

“Stok beras untuk Lebaran Idul Fitri 2024 sangat cukup, bahkan mencukupi untuk 3 bulan ke depan,” kata Sopran Kenedi hari ini Jumat 5 April 2024.

Menurutnya penyerapan beras saat ini masih terus dilakukan terlebih dengan adanya kebijakan pemerintah yang menaikkan harga beli lebih tinggi Rp 1000 dari petani sehingga serapan akan makin banyak.

“Saat ini fokusnya penyerapan dari petani sehingga mendapatkan harga yang layak dan wajar, ungkapnya.

Pengadaan beras lanjutnya, merata dari seluruh Jawa Tengah, terutama penghasil beras di Surakarta, Tegal, Grobogan, Demak, Banyumas dan Magelang.

“Semua saluran pembelian beras kita lakukan, dan kami akan terus sosialisasikan kepada petani di Desa dan Kelurahan yang belum tahu bagaimana bermitra dengan Bulog supaya mata rantainya tidak terlalu panjang,” jelasnya.

la menambahkan, beras Bulog di pasar maupun ritel modern saat ini tersedia, mudah ditemukan masyarakat sehingga diharapkan harganya stabil.

Sedangkan, stok kebutuhan pokok lainnya seperti gula, tepung terigu, daging kerbau dan minyak goreng juga masih sangat aman.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Lakukan Uji Tera dan Density Produk BBM di SPBU di Jawa Tengah

“Gerakan Pangan Murah (GPM) masih terus kami lakukan menjelang Lebaran kali ini hingga tingkat Desa dan Kelurahan. Kami juga mengalihkan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) menjadi beras premium agar harga tetap terkendali,” pungkasnya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN