29 C
Semarang
, 21 May 2024
spot_img

Keutamaan Melaksanakan Puasa di Bulan Syawal

Jakarta, Jatengnews.id – Ustaz Khalid Basalamah menyebutkan bahwa salah satu ibadah yang dapat dilakukan pasca bulan ramadhan adalah puasa syawal.

“Banyak orang tidak mau puasa syawal, kenapa? Entah. Apa alasannya? Padahal hadisnya mulia, hadist riwayat Imam Bukhari Muslim,” kata Ustaz Khalid Basalamah dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Jumat (12/04/2024).

Baca juga : Jangan Asal Kenyang Dokter Ingatkan Protein dan Mineral Penting Agar Puasa Sehat

Ustaz Khalid menjelaskan, berpuasa selama 6 hari di bulan syawal sama seperti berpuasa selama satu tahun penuh.

“Kita bayangkan teman-teman sekalian, andai kita berpuasa nonstop 365 hari, bayangkan rumitnya dan susahnya kita puasa setiap hari selama setahun,” ujar Ustaz Khalid.

“Tapi Allah dengan kemahamurahannya akan memberikan kita pahala setahun hanya dengan puasa Ramadhan kemarin, lalu Allah mudahkan ikut 6 hari saja dari bulan syawal,” imbuhnya.

Selain mendapat pahala puasa selama satu bulan penuh, berikut keutamaan lain dari puasa sunnah Syawal.

1. Penyempurna puasa Ramadhan

Salah satu manfaat ibadah sunnah adalah sebagai penyempurna ibadah wajib. Seperti salat sunnah qabliyah dan ba’diyah, puasa sunnah Syawal juga bisa menjadi penyempurna puasa Ramadhan.

2. Tanda diterimanya puasa Ramadhan

Salah satu ciri-ciri amalan seseorang diterima adalah konsisten melakukan ibadah lain. Setelah melakukan puasa satu bulan penuh di bulan ramadhan, maka puasa sunnah syawal menjadi penyempurna.

3. Bentuk rasa syukur kepada Allah SWT

Melaksanakan puasa sunnah syawal merupakan bukti syukur kepada Allah SWT karena telah memperoleh anugerah berupa nikmat sehat dan lainnya.

Baca juga : Berbagi Berkah Ramadan, Karyawan Indosat Gotong Royong Sediakan 1.500 Porsi Hidangan Berbuka Puasa untuk Warga Semarang

4. Menjaga konsistensi ibadah

Setelah berpuasa di bulan ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk tetap menjaga konsistensi ibadah. Salah satunya dengan menjalankan puasa syawal sebagai bentuk iman kepada Allah SWT. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN