31 C
Semarang
, 28 May 2024
spot_img

Jokowi Minta Apple Bangun Pabrik di Indonesia

Jakarta, Jatengnews.id – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, proses pencocokan bisnis lebih cepat dilakukan daripada membangun pabrik manufaktur gawai Apple di Indonesia.

“Kementerian Perindustrian akan mengadakan proses ‘business matching’. Kami telah memiliki daftar komponen-komponen, termasuk komponen-komponen HP ‘cellphone’ yang telah diproduksi di Indonesia yang mungkin dapat disesuaikan dengan kebutuhan Apple,” kata Menteri Agus Gumiwang katanya dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Rabu (17/04/2024).

Baca juga : Penggerebekan Pabrik Pil Koplo, Wali Kota Semarang Akan Evaluasi Perizinan

Menurut Menteri Perindustrian, Presiden berharap perusahaan teknologi besar asal Amerika Serikat tersebut dapat memperluas kehadirannya di Indonesia.

Permintaan presiden yang menginginkan Apple bisa membangun pabrik di Indonesia nampaknya bersambut baik. Saat ini, dikutip dari Antara, pemerintah Indonesia dan pihak Apple sudah sepakat pembangunan manufaktur diperlukan agar Indonesia menjadi pemain dari rantai pasok Apple di dunia.

Untuk diketahui, sebelumnya Apple sudah berinvestasi di Indonesia, yakni pengembangan talenta digital melalui Apple Academy.

Selain membangun pabrik, pencocokan bisnis dapat dilakukan karena Apple dapat memanfaatkan komponen-komponen, seperti baterai, kabel dan lain-lain yang sudah diproduksi di Indonesia.

“Jadi ada dua (opsi) kalau bicara manufacturing, mulai pabrik sendiri atau gunakan yang diproduksi di Indonesia dengan berbagai penyesuaian spesifikasinya,” kata Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi memaparkan bahwa dari 360 komponen yang dibutuhkan dalam memproduksi produk Apple, hanya 2 komponen yang tersedia di Indonesia.

“Jadi 360 komponen itu hanya dua dari Indonesia, dibanding Vietnam (memiliki) 72 (komponen). Pak Presiden juga minta Tim Cook kalau bisa lebih banyak lagi komponen dari Apple ini dibuat di Indonesia,” kata Budi Arie.

Baca juga : 12.600 Orang Pemudik Bus Asal Jateng Senang Dapat Fasilitas Mudik Gratis dari Pemprov

Di sisi lain, proses agar Indonesia menjadi pemasok produk Apple memerlukan waktu yang tidak sebentar, seperti Vietnam yang menjadi salah satu “benchmark” selama 20 tahun, sedangkan China sudah berjalan 30 tahun. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN