33 C
Semarang
, 26 May 2024
spot_img

Sastrawan Kondang Joko Pinurbo Tutup Usia

Jogja Jatengnews.id – Kabar duka datang dari dunia sastra Indonesia, penyair yang juga seorang sastrawan terkenal, Joko Pinurbo wafat di usianya ke-62, Sabtu (27/4/2024).

Tersiarnya kabar Joko Pinurbo meninggal disampaikan oleh sejumlah penulis seperti Eka Kurniawan termasuk Staf Khusus Kementerian Keuangan RI, Prastowo Yustinus di akun X atau Twitter.

Baca juga : Pria Renta di Kalideres Tewas Terpanggang di Rumah

“Selamat jalan, Mas Joko Pinurbo, Damai mengarungi puisi abadi,” tulis Eka Kurniawan, Sabtu pagi.

Belum ada informasi pasti penyebab kematian Joko Pinurbo, meski begitu dikabarkan penyair asal Jawa Barat ini mengalami sesak napas dan dirawat di RS Panti Rapih, Jogja.

Jenazah akan disemayamkan di PUKY Sabtu siang. Pemakamannya direncanakan dilakukan pada Minggu (28/4/2024) di Pemakaman Demangan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman.

Dikenal dengan sejumlah syair dan buku novel yang ia buat, deretan puisi ini menjadi nostalgia masyarakat atas kepergiannya.

Joko Pinurbo sendiri sudah berkarier di dunia syair dan puisi sejak tahun 90-an. Pada 1999, sejumlah karya puisi yang cukup dikenal adalah Celana yang diterbitkan oleh Indonesia Tera di Magelang. Puisi ini juga kembali diterbikan oleh Gramedia Pustaka Utama di Jakarta pada 2018.

Tak hanya itu, puisi Di Bawah Kibaran Sarung yang terbit pada 2001 juga menjadi puisi yang cukup memberikan nostalgia untuk era saat ini.

Baca juga : Ngeri Seorang Pria Ditemukan Tewas Dalam Kabin Mobil Es Krim

Selain itu ada juga puisi Pacarkecilku (Magelang: Indonesia Tera, 2002), Telepon Genggam (Jakarta: Kompas, 2003; Yogyakarta: Basabasi, 2016; Diva Press, 2019). (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN