30 C
Semarang
, 27 May 2024
spot_img

Pembebasan Lahan Outer Ring Road Capai Rp 1 Triliun Pemkot Semarang Cari Solusi Lain

Semarang, Jatengnews.id – Pembangunan outer ring road hingga saat ini memang belum direalisasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Pasalnya, anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunannya cukup besar.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan butuh anggaran besar untuk pembebasan lahan dalam pembangunan outer ring road.

Baca juga : Wali Kota Semarang Mbak Ita Launching L1ON, Percepat Pelayanan Perizinan Nakes

“Waktu zaman Pak Hendi menjabat Wali Kota kan sudah dibahas tentang outer ring road tapi memang kebutuhannya banyak. Pembebasan lahan hampir Rp 1 triliun,” kata Ita dikutip dari laman resmi Pemkot Semarang Selasa (07/05/2024).

Ia mengatakan infrastruktur konstruksi untuk outer ring road memang bisa dibantu pemerintah pusat. Namun, pembebasan lahan tidak menjadi bagian dari pemerintah pusat. Pembebasan lahan menjadi kewenangan pemerintah daerah.

“Sedangkan untuk pembebasan lahan tidak boleh pinjam dana bank,” bebernya.

Solusinya, lanjut Ita, untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas maka Pemkot Semarang berencana melebarkan Jalan Gunungpati Sekaran – Undip.

Baca juga : Surat DPP Partai Demokrat Turun, CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi Maju Pilwakot Semarang

“Jalan tersebut sudah tapi kecil. Tahun 2025 nanti, akan diperbaiki jembatannya. Tapi saat ini sedang dikaji. Memang anggarannya besar untuk outer ring road,” tandasnya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN