29 C
Semarang
, 28 May 2024
spot_img

Syukuran Sedekah Bumi, Wujud Nguri-nguri Budaya Lewat Wayang Kulit dan Ketoprak

Demak, Jatengnews.id – Bupati Demak Hj. Eisti’anah menghadiri Syukuran Apitan Sedekah Bumi di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Karanganyar Kabupaten Demak belum lama ini.

“Syukuran apitan sedekah bumi, merupakan bentuk rasa syukur masyarakat sekaligus nguri-uri budaya. Dengan adanya sedekah bumi ini, semoga menjadikan rasa syukur warga semakin bertambah terhadap hasil panen di Kecamatan Karanganyar meskipun beberapa waktu lalu Karanganyar sempat dilanda banjir bandang 2 kali”, ungkapnya dikutip dari laman resmi Pemkab Demak Selasa (14/05/2024).

Baca juga : Kronologi 2 Nelayan Bapak dan Anak Hilang di Perairan Wedung Demak Saat Cari Ikan

Lanjut Bupati Eisti, Kepala Desa sangat aktif sekali saat banjir melanda beberapa waktu yang lalu, Pak Kades selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak tentang perkembangan masyarakat terkait bantuan sandang dan pangan ketika sedang dilanda bencana banjir.

“Kegiatan syukuran ini semoga terus berlanjut sebagai rasa syukur dan nguri-nguri budaya. Dengan adanya wayangkulit dan ketoprak semoga semakin mempererat masyarakat, serta masyarakat Desa Karanganyar selalu diberikan kesehatan dan rejeki yang berkah melimpah”, ungkapnya.

Kepala Desa Karanganyar Agus Sudiarto mengatakan terimakasihnya kepada Pemkab Demak yang sudah banyak memberikan bantuan ketika banjir melanda untuk masyarakat Karanganyar. Baru kali ini Desa Karanganyar mengalami banjir besar.

“Acara apitan ini adalah rutinitas di bulan Apit (Dzul Qo’dah, red) dalam rangka syukuran sedekah bumi, semoga dengan adanya acara syukuran ini menjadikan Desa Karanganyar semakin berhasil dalam panen-panennya”, imbuhya.

Baca juga : Polres Demak Tingkatkan Kemampuan Personel dengan Latihan Pengendalian Massa

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Demak, Camat Karanganyar, Forkopimcam Karanganyar, Ketua dan anggota BPD Desa Karanganyar, LKMD Desa Karanganyar, Ketua RT dan RW Se-Desa Karanganyar, dan tokoh agama di Desa Karanganyar.  (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN