28 C
Semarang
, 27 May 2024
spot_img

UNDIP dan Pemkab Jepara Siap Kembangkan Desalinasi Guna Atasi Krisis Air Minum

Jepara, JatengNews.id – Universitas Diponegoro (UNDIP) dengan Pemkab Jepara siap kembangkan unit teknologi Desalinasi guna atasi krisis air minum.

Hal itu ditandai dengan pendatangan kerjasama antara Undip melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dengan Pemkab Jepara di Kampus Undip Teluk Awur Jepara, Selasa 14 Mei 2024.

Teknologi Desalinasi yang saat ini ada di Kampus Undip Jepara menjadi pilot projek untuk dapat diaplikasikan pada daerah pesisir Jawa Tengah lainnya yang memiliki masalah krisis air bersih yang sama.

Baca juga: VIDEO Rektor Undip Janji Tak Akan Naikkan UKT Mahasiswa

Rektor Undip Prof Suharnomo mengatakan, hal ini merupakan upaya transformasi hasil-hasil riset dari para peneliti Undip. Sehingga hasil riset dapat dihilirisasi dan memberikan manfaat nyata secara ekonomi dan sosial bagi masyarakat.

“Upaya ini juga diharapkan dapat berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan khususnya di Jawa Tengah,” harapnya.

Sementara Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menyabt positif kerjasama ini. Menurutnya dengan adanya kerjasama ini baik itu adanya pengembangan air bersih kemudian pengolahan ikan dan udang termasuk pendidikan merupakan cara untuk mengatasi kemiskinan dan stunting di wilayah Jepara.

Baca juga: 25.397 Peserta Berebut Masuk UNDIP Melalui UTBK-SNBT 2024

“Semoga kerjasama dapat dilakukan dengan baik sehingga benar-benar berdampak pada penurunan stunting dan kemiskinan di Jepara,” harapnya.

Pada kesempatan ini juga Undip membagikan 2 ton ikan nila laut hasil budidaya kepada masyarakat desa Teluk Awur, desa Tegal Sambi, dan Desa Semat. Kegiatan ini merupakan wujud nyata peran Undip dalam mendorong peningkatan konsumsi protein masyarakat sekitar kampus dan implementasi peran sosial kampus Undip. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN