28 C
Semarang
, 31 May 2024
spot_img

25.397 Peserta Berebut Masuk UNDIP Melalui UTBK-SNBT 2024

Semarang, JatengNews.id – Sebanyak 25.397 peserta mengikuti seleksi Ujian Tes Berbasis Komputer- Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

25.397 peserta juga dipastikan berebut masuk kampus Undip melalui seleksi UTBK-SNBT 2024 yang digelar selama 11 hari.

Gelombang 1 UTBK-SNBT 2024 Undip dilaksanakan pada 30 April sampai 7 Mei 2024. Sedangkan UTBK gelombang II dilaksanakan pada 14 Mei sampai 17 Mei 2024.

Rektor Undip Prof Dr Suharnomo mengatakan, materi yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) yang meliputi literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris dan penalaran matematika yang berlangsung selamat 195 menit.

Baca juga: Dilantik Rektor Undip, Prof Suharnomo Janji UKT Mahasiswa Tidak Akan Naik

“Saat ini Undip memiliki 55 program sarjana (S1) dan 11 program sarjana terapan (D4) yang ditawarkan untuk jalur UTBK-SNBT,” ujarnya saat konferensi pers bersama media, Selasa 7 Mei 2024.

Selain itu, Undip juga memiliki 55 program studi jenjang sarjana, 11 program studi jenjang sarjana terapan, 62 program studi jenjang pascasarjana dan profesi, serta 21 program studi spesialis dan sub-spesialis. Beberapa program studi terakreditasi Unggul bahkan meraih Akreditasi Internasional.

“Undip juga menyediakan fasilitas perangkat komputer sejumlah 1225 unit yang tersebar dalam 61 ruangan. Dengan ruang ujian yang nyaman dan ber-AC,” tambahnya.

Adapun lokasi test UTBK-SNBT 2024 di Universitas Diponego dipusatkan di kampus Undip Tembalang meliputi gedung Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Psikologi, gedung Sekolah Vokasi dan gedung ICT Center Tembalang.

Undip juga menawarkan pengalaman pendidikan terbaik dan mempersiapkan mahasiswa untuk sukses di dunia global. Berada di peringkat ke-6 dalam Asia University Rankings 2024 dan menduduki peringkat pertama dalam QS Graduate Employability Rankings 2022, UNDIP menonjol dalam menyediakan suasana akademik yang kolaboratif dan inovatif.

Selain itu, beberapa program studi di Fakultas Hukum (FH), Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) telah masuk dalam peringkat Top 500 pada QS World University Rankings by Subject 2024, hal ini menunjukkan komitmen UNDIP dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi.

UNDIP juga telah membangun Gedung dengan fasilitas yang diberi nama Muladi Dome yang mampu menampung 4500 orang.

Baca juga: Guru Besar Undip Prof Sudharto Rilis 2 Buku Bidang Lingkungan

Selain itu telah selesai dibangun Laboratorium Terintegrasi di Fakultas Teknik, untuk menambah fasilitas kelas dunia untuk mendukung inovasi dan praktik akademis yang melibatkan mahasiswa dan dosen.

Dengan dosen berpengalaman dan fasilitas kelas dunia, UNDIP memberikan pendidikan akademis dengan kolaborasi yang luas dengan industri serta pemerintahan, menjadikan universitas ini destinasi yang ideal bagi calon mahasiswa yang ingin berkontribusi secara signifikan dalam masyarakat dan dunia.

Demikian informasi, sebanyak 25.397 peserta mengikuti seleksi UTBK-SNBT 2024 di Undip Semarang. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN