26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Udinus dan Kemenkop UKM Gelar Entrepreneur Hub Beri Wadah Bagi Wirausahawan Muda

Semarang, Jatengnews.id – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) bersama dengan Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah (Kemenkop UKM) menyelenggarakan Workshop mentoring bisnis dan peningkatan kapasitas wirausaha mahasiswa. Kegiatan itu disebut dengan nama Entrepreneur Hub sebagai upaya untuk membentuk pola pikir dan mental calon wirausaha.

Kegiatan itu dibuka secara langsung oleh Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Kemenkop UKM, Irwansyah Putra bersama dengan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M. Pembukaan Workshop dilangsungkan di Hotel Oak Tree Emerald Semarang. Kegiatan tersebut diikuti mahasiswa Udinus dan juga beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia serta mengambil tema ‘Grow&Sustain’.

Baca juga : Berikan Kontribusi Tingkatkan Kualitas Animasi Si Warik Udinus, Sultan Ghozali Berikan Alat Motion Capture

Pada wawancaranya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., mengatakan bahwa kegiatan Entrepreneur Hub menjadi kegiatan yang luar biasa dan telah sesuai dengan visi Udinus yakni Universitas Pilihan Utama di Bidang Pendidikan dan Kewirausahaan. Beberapa prestasi nasional maupun internasional juga telah ditorehkan oleh para wirausahawan muda di Udinus.

“Kami juga rutin menciptakan wirausahawan muda yang berbakat dan tentunya berkualitas. Kegiatan ini dapat menjadi ilmu bagi para mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi untuk mengembangkan ide-ide dalam berwirausaha,” kata Dr. Kusni melalu siaran pers Selasa (21/05/2024).

Di kesempatan itu, Dr. Kusni juga mengungkapkan bahwa salah satu pengisi narasumber di Entrepreneur Hub di Hotel Oak Tree Emerald Semarang, merupakan hasil dari program kewirausahaan Udinus. Hendriansyah menjadi salah satu narasumber yang kini telah memiliki perusahaan yang bernama Smes Pack. Ia pun berharap alumni Udinus tersebut mampu menularkan ilmunya kepada seluruh mahasiswa di Indonesia.

 “Hendriansyah ini salah satu dari ribuan alumni yang berhasil membangun wirausahanya. Ia mengembangkan perusahaannya di mulai saat ia masih di bangku kuliah,” ungkap WR III Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM.

Pada kegiatan Entrepreneur Hub juga ditampilkan produk wirausaha dari para peserta. Karya mereka dipamerkan di luar ballroom tempat kegiatan tersebut digelar. Karya itu mulai dari makanan, minuman hingga produk olahan. Ditampilkan juga karya inovasi dari mahasiswa Udinus, seperti Inraga, Periku dan SiDrone. Sebelum di Semarang, Entrepreneur Hub juga telah menyapa di Kota Solo beberapa waktu lalu.

Saat ini, lebih dari 900 ribu wirausaha muda di Indonesia telah bergabung di platform Entrepreneur Hub sesuai keterangan yang disampaikan oleh di Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Kementerian Koperasi dan UKM, Irwansyah Putra. Menurutnya terus bertambahnya wirausaha muda yang bergabung berkat  kolaborasi dengan perguruan tinggi dan komunitas-komunitas di Indonesia. Ia pun berharap pada tahun ini, target  satu juta wirausahawan muda baru di Indonesia bisa tercapai.

“Kegiatan ini salah satu langkah untuk mencetak wirausahawan muda dan mengembangkan usaha mereka. Perguruan Tinggi punya peranan penting untuk suksesnya program ini, karena kampus pabrik bagi Entrepreneur muda,” jelas Asisten Deputi Kemenkop UKM.

Baca juga : Jago Karate Wisudawati UDINUS Berprestasi di Kancah Internasional

Entrepreneur Hub yang diselenggarakan pada 16-17 Mei 2024, diisi oleh narasumber yang telah lama berkecimpung di dunia wirausaha, selain Hendriansyah, narasumber lainnya yakni Dwi Purnomo dari The Local Enablers Ecosystem, Adythia Pratama, Founder dan CEO PT. Braja Biru Abadi hingga Yana Sandhi merupakan Founder Incentric.id. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN