26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Roca-KU Hingga Robot Gamelan Inovasi Udinus, Pukau Seluruh Pengunjung di Festival Merdeka Belajar

Magelang, Jatengnews.id – Inovasi dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memukau serta berikan edukasi ke seluruh pengunjung dalam negeri maupun mancanegara yang hadir di Festival Merdeka Belajar. Inovasi yang ditampilkan tersebut seperti Robot Catur Kampus Udinus (Roca-KU), Becak Listrik Kampus Udinus (Becik-KU), VR Budhara hingga Robot Gamelan Sekar Nuswantoro.

Festival yang bertujuan untuk menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, diadakan selama tiga hari pada 24-26 Mei 2024. Pada 24 Mei 2024 diadakan di Hotel Grand Arthos Magelang. Kemudian tanggal 25 dan 26 Mei 2024 di Taman Aksobya Candi Borobudur.

Baca juga : Udinus dan Kemenkop UKM Gelar Entrepreneur Hub Beri Wadah Bagi Wirausahawan Muda

Melalui festival itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah memberikan informasi ke masyarakat terkait transformasi pendidikan dan kebudayaan. Khususnya dalam kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi salah satunya inovasi Udinus.

Para pengunjung pun silih berganti mencoba inovasi yang ada di booth Udinus. Bahkan, siswa-siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Magelang, menjajal untuk mengalahkan Roca-KU. Alunan suara gamelan dari Robot Gamelan Sekar Nuswantoro semakin menyemarakkan festival tersebut. VR Budhara dan Becik-KU juga tak luput untuk dicoba oleh para pengunjung yang hadir di acara itu.

Turut hadir di Festival Merdeka Belajar, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M., pun menyambut baik dan berikan apresiasi. Untuk Festival yang diinisiasi oleh Kemendikbud Ristek melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di wilayah kerja Provinsi Jawa Tengah. Ungkap Dr. Kusni, festival yang terdapat pameran inovasi dari Perguruan Tinggi, tak hanya sekedar ajang pamer semata. Melainkan sebuah jendela inspirasi yang membuka pandangan ke dunia baru kepada masyarakat.

“Inovasi yang kami tampilkan mampu kembali mengenalkan budaya lokal ke generasi muda serta memperlihatkan perkembangan yang telah dilakukan Udinus sejauh ini.  Kami rasa para pengunjung sangat menikmati inovasi-inovasi dari kami. Semoga mampu menginspirasi,” kata Dr. Kusni Ingsih, M.M. melalui siaran pers, Rabu (29/05/2024).

Saat membuka Pameran Bulan Merdeka Belajar di Taman Aksobya Candi Borobudur , Plh. Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud Ristek, Anang Ristanto mengatakan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 adalah momen penting untuk menghargai peran pendidikan dalam membangun bangsa. Selain itu juga untuk merefleksikan pencapaian, mengevaluasi tantangan, dan merumuskan langkah-langkah strategis untuk menyongsong generasi emas 2045.

“Merdeka Belajar, kini telah menjadi gerakan besar dan berkelanjutan yang menjadi milik masyarakat. Tiap elemen ekosistem pendidikan dan kebudayaan kini makin berdaya. Kini guru-guru mampu menjadi pemimpin pembelajaran dengan menciptakan proses belajar-mengajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan, Komunitas budaya semakin berdaya dalam menciptakan ekosistem budaya yang berkelanjutan. Mahasiswa kian berani berinovasi untuk menghadapi tantangan dunia nyata. Para pelajar di seluruh Indonesia pun siap memeluk masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan”, kata Anang.

Baca juga : Berikan Kontribusi Tingkatkan Kualitas Animasi Si Warik Udinus, Sultan Ghozali Berikan Alat Motion Capture

Rangkaian bulan merdeka belajar telah didahului oleh Festival Kurikulum Merdeka, yang salah satunya adalah Lomba Potret Cerita Kurikulum Merdeka. Kemudian ada Pameran Merdeka Belajar yang diikuti sebanyak 70 stan dan juga berbagai pertunjukan kesenian. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN