26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Serunya Camping di Hutan Pinus Nglimut Kendal yang Sedang Hits

Udara sejuk di Hutan Pinus Nglimut menjadi mangnet wisatawan untuk berkunjung. Berada di Kabupaten Kendal, Hutan Pinus Nglimut jadi salah satu lokasi yang seru buat camping (kemah) untuk menghabiskan waktu liburan ke Jawa Tengah

Kendal, JatengNews.id – Kabupaten Kendal memiliki sejuta pesona wisata alam memukau yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Seperti di Desa Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Berbagai wisata di Desa Gonoharjo menawarkan kesejukan udara dan banyak wisata alam dalam satu tempat. Mulai dari indahnya hutan Pinus sampai pemandian air panas. Kedua wisata ini tentu saja menjadi favorit wisatawan dari dalam kota maupun luar Kabupaten Kendal.

Baca juga: Ingin Camping di Gunung Tapi Males Jalannya? Gunung Gajah Telomoyo Jadi Solusi, Bisa Ajak Keluarga Hingga Teman

Salah satu yang sedang hits adalah adanya wisata di Hutan Pinus Nglimut bisa untuk camping. Selain itu banyak spot foto menarik dan tentunya Instagramable cocok sekali untuk anak muda menghabiskan waktu dan semakin eksis di sosial media.

Lokasi wisata di Hutan Pinus Nglimut Kendal. (Foto: Alif)

Sehingga sangat disayangkan ketika berada di Kabupaten Kendal jika tidak datang ke wisata Hutan Pinus Nglimut. Saat ini pesona di Hutan Pinus menjadi salah satu daya tarik wisata yang sangat nyaman untuk dikunjungi.

Udara Sejuk

Sangat pas bagi untuk keluarga maupun anak muda yang ingin menikmati akhir pekan dengan udara sejuk dan pemandangan indah khas pengunungan.

Adapun fasilitas yang disediakan ada gazebo, panggung untuk swafoto, toilet, mushola, dan perlengkapan camping.

Baca juga: Pantai Glagah Wangi Demak, Menikmati Sunset Hingga Serunya Spot Foto dan Naik Perahu

Alasan wisata ini tidak banyak mengalami perubahan pada hutan pinusnya adalah karena pihak pengelola ingin menonjolkan nuansa alamnya. Bahkan beberapa bangunan sengaja dibuat dari kayu agar tidak merusak lingkungan.

Dengan luas kurang lebih 30 hektar, wisata ini sangat sejuk dan asri, dipenuhi pohon Pinus yang menjulang tinggi yang sudah dihiasi dengan ornamen hitam putih.

Suasana camping di Hutan Pinus Nglimut di Desa Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal Jawa Tengah. (Foto: Alif)

Hal itu seperti layaknya ornamen kain poleng di Bali, juga pernak-pernik lampu hiasan di batang pohonnya menambah suasana semakin indah dan intim.

Nikmati suasana dan keindahannya sepanjang hari, tentu keindahan di malam hari sangat berbeda dengan keindahan di malam hari.

Menikmati secangkir kopi atau teh sambil dikelilingi pohon-pohon pinus tersebut sudah paling pas buat untuk melepas penat.

Harga Tiket Masuk

Taufik salah satu Pengelola Pinusan Nglimut Kendal mengatakan, bahwa tarif masuk untuk berwisata cukup murah hanya dengan Rp 10.000 per orang dan Rp 15.000 per orang bagi yang ingin melakukan camping.

Pihaknya juga menyediakan tenda dengan tarif Rp 75.000 per malam untuk kapasitas tiga orang, sedangkan Rp 150.000 untuk tenda dengan kapasitas enam orang.

Menurutnya wisatawan yang mengunjungi hutan Pinus tidak pernah sepi saat akhir pekan maupun libur panjang.

Baca juga: Piknik di Pantai Sambil Nikmati Tiram Bakar, Pantai Ngebum Bisa Jadi Pilihan Berwisata Aman dan Murah

“Mereka ada yang datang dari luar kota sengaja ke Nglimut buat camping, banyak juga rombongan Pramuka dari beberapa sekolah yang melakukan perkemahan Sabtu – Minggu disini. Jumlah pengunjung cukup banyak bisa sampai ratusan orang saat akhir pekan,” katanya kepada Jatengnews.id, Minggu (02/06/2024).

Menurutnya letak Desa Gonoharjo yang hanya membutuhkan waktu satu jam dari Kota Semarang membuat banyak sekali wisatawan yang berkunjung.

Adapun dengan ramainya pengunjung akan semakin mengenalkan pariwisata Jawa Tengah. Wisata ini juga semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah.  Hal ini tentunya masuk dalam 10 Program Priorotas Pj Gubernur Jateng.

Sementara itu, Diva (30) wisatawan asal Kota Semarang mengatakan bahwa sangat senang bisa mengunjungi Hutan Pinus nglimut. Pasalnya, di dalam hutan banyak sekali spot foto bagus dengan pemandangan indah.

Satu keluarga mendirikan camping di Hutan Pinus Nglimut Kendal. (Foto: Alif)

“Saya taunya dari Instagram tempat ini, kok bagus banget ternyata setelah sampai disini beneran bagus. Sepertinya untuk kunjungan berikutnya saya mau camping bareng teman-teman,” katanya.

Pengunjung lain dari Jakarta Iqbal (40) yang datang bersama keluarganya menuturkan sengaja datang untuk camping di hutan Pinus Nglimut. Menurutnya kesejukan udara dan segarnya air menjadi daya tarik utama wisata ini.

Baca juga: Destinasi Baru, Pantai Teluk Awur Jepara Jadi Opsi Wisata Pencari Sunset di Jawa Tengah

“Kebetulan saya pas pulang ke Kendal mengajak satu keluarga untuk camping disini, bisa mengajarkan anak-anak juga untuk semakin mencintai alam,” ujarnya.

Pemandian Air Panas

Tepat di sebelah Hutan Pinus Nglimut ada juga pemandian air panas yang wajib untuk dikunjungi. Nuansa kawasan pemandian air panas Nglimut memang sangat alami dan sejuk karena posisinya berada di Lereng Gunung.

Kolam air panas di lokasi wisata Nglimut Kendal. (Foto: Alif)

Tarif masuk ke pemandian air panas sangatlah murah hanya Rp 10.000 per orang disana wisatawan dapat memilih berbagai kolam air panas untuk sekedar bersantai.

Kolam air panas ini mengandung belerang yang diyakini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit karena bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Dengan berbagai wisata yang ada di Desa Gonoharjo nampaknya menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Tengah. (Adv-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN