27 C
Semarang
, 12 June 2024
spot_img

Piknik di Pantai Sambil Nikmati Tiram Bakar, Pantai Ngebum Bisa Jadi Pilihan Berwisata Aman dan Murah

Piknik di pantai sambil kulineran bisa jadi pilihan liburan saat ini. Sajikan suasana pantai yang aman hingga kuliner khas Tiram Bakar, Pantai Ngebum Kendal bisa jadi jujukan para wisatawan baik bersama keluarga, teman hingga pasangan

Kendal, JatengNews.id – Kabupaten Kendal, Jawa Tengah memiliki ragam pesona wisata alam dengan pemandangan indah khas Pesisir Utara. Selain Pantai Cahaya yang sudah cukup populer kini Pantai Ngebum juga dapat menjadi destinasi wisata yang menyenangkan.

Pantai Ngebum (Ngebom) berada di Pesisir Pantai Utara masuk di wilayah Kabupaten Kendal, lebih tepatnya di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Sebagian masyarakat ada yang memberi nama Pantai Ngebum dengan sebutan Pantai Mororejo. Karena Pantai ini merupakan wilayah sekaligus tempat mata pencaharian Desa Mororejo.

Suasana tempat wisata di Pantai Ngebum Kabupaten Kendal. (Foto: Alif)

Saat ini Pantai Ngebum di Kabupaten Kendal sudah menjadi lokasi favorit para wisatawan, baik keluaga, teman hingga pasangan. Hal ini karena wisata Pantai Ngebum terkenal dengan wisata murah dan aman saat dikunjungi.

Baca juga: Nikmatnya Nasi Pecel Mranggen, Jadi Wisata Kuliner Malam Hari di Demak

Untuk menuju ke Pantai Ngebum, wisatawan bisa melewati beberapa jalur yang mudah dilewati baik dengan motor atau mobil. Karena jalur ke pantai Ngebum sebenarnya merupakan jalur truk kontainer untuk membawa log (kayu) ke pabrik Kayu Lapis Indonesia dan Pabrik Rimba Partikel Indonesia yang berada di dekat Desa Mororejo.  

Perjalanan ke arah utara melewati Jalan Laut menuju Pantai Ngebum, para wisatawan bisa leluasa mengendarai kendaraan sambil melihat pemandangan tambak ikan dan tanaman bakau di sisi kiri jalan. Atau melihat indahnya panorama pegunungan dan sawah yang membentang luas di sebelah kanan.

Wahana Lengkap

Salah satu Pengelola Pantai Ngebum Finna Lana Diana menjelaskan bahwa tiket masuk ke pantai hanya Rp 5.000, cukup merakyat memang. Setelah melewati tiket masuk, sekitar 100 meter kemudian pengunjung akan berada persis di ujung Pantai Ngebum.

“Jam buka Pantai Ngebum mulai pukul 05.30 – 18.00 WIB. Selama waktu itu pengunjung dapat menikmati keindahan wisata, bermain air dan mencicipi kuliner khas Kabupaten Kendal,” kata Finna kepada Jatengnews.id, Minggu (19/05/2024).

Menurutnya berbagai fasilitas wisata saat ini sudah lengkap dan bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang mengunjungi pantai ini. Seperti jasa sewa pelampung warna-warni yang menarik untuk anak-anak, gazebo toilet dan berbagai spot foto menarik.

Suasana kuliner di Pantai Ngebum Kendal. (Foto: Ist)

Sehingga wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngebum banyak yang berasal dari luar Jawa Tengah seperti Jogja, Surabaya, Cirebon dan Jakarta. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah.

Baca juga: Ingin Camping di Gunung Tapi Males Jalannya? Gunung Gajah Telomoyo Jadi Solusi, Bisa Ajak Keluarga Hingga Teman

Selain itu kesan menyenangkan yang dibawa oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngebum tentu saja dapat semakin mengenalkan wisata Jawa Tengah ke daerah lain.

“Kunjungan wisata pada hari libur bisa mencapai 5.000 orang, banyak yang dari luar kota sengaja ke Kendal untuk menikmati keindahan panorama wisata Pantai Ngebum,” tuturnya.

Nikmatnya Tiram Bakar Pinggir Pantai

Noval (35) wisatawan asal Bekasi mengatakan bahwa jika melewati Kendal pihaknya selalu menyempatkan mampir sekaligus berwisata di Pantai Ngebum.

Menurutnya bukan hanya pantainya yang sangat indah namun kuliner yang dijual juga cukup khas yakni Tiram Bakar. Biasanya ia bersama rombongan keluarga besar sebanyak 7 orang.

“Ya memang setiap kali ke Kendal saya dan keluarga pasti mampir ke Pantai Ngebum. Anak-anak juga sangat suka dapat bermain air membuat istana pasir,” ujarnya.

Sementara itu, Andri wisatawan asal Yogyakarta mengaku tertarik ke Pantai Ngebum karena penasaran dengan kuliner Tiram bakar. Menurutnya makan tiram bakar di pinggir pantai memiliki sensasi menyenangkan tidak ada di tempat lain.

Kuliner Tiram Bakar khas Pantai Ngebum Kendal. (Foto: Alif)

“Saya memang sengaja jalan jauh dari Jogja ingin merasakan Tiram Bakar yang cukup terkenal di media sosial, ternyata enak sekali baunya tidak amis. Rasa tiramnya gurih, kenyal sangat pas dengan bumbu yang dioleskan,” jelasnya.

Baca juga: Bernostalgia di Wisata CLBK Semarang, Yuk Nikmati Air Terjun yang Elok Hingga Alam yang Sejuk

Berkah ramainya pengunjung di Pantai Ngebum juga dirasakan Khafidin pedagang tiram bakar. Menurutnya banyak yang penasaran dengan rasa tiram bakar khas Pantai Ngebum.

Satu posisi tiram bakar komplit dibanderol hanya Rp 30.000 tentu saja harga yang cukup murah untuk menikmati kelezatan biota laut yang ada di pesisir utara pulau Jawa.

“Banyak sekali yang mampir ke warung saya mulai pejabat artis selebgram sengaja jauh-jauh ke Kendal untuk mencoba tiram bakar,” jelasnya.

Dengan pesona alam dan berbagai fasilitas serta kuliner unik di Pantai Ngebum tentu saja dapat jadi pilihan wisata bagi pelancong yang singgah di Kabupaten Kendal. (Adv-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN