27 C
Semarang
, 25 July 2024
spot_img

Mahasiswa KKN UPGRIS Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Literasi Digital Bagi UMKM

Kabupaten Semarang, JatengNews.id – Mahasiswa KKN UPGRIS menggadakan kegiatan sosialisasi pemanfaatan literasi digital bagi UMKM untuk bertahan hidup dan berkembang.

Mahasiswa KKN UPGRIS menggadakan kegiatan sosialisasi pemanfaatan literasi digital merupakan kelompok 81 yang ada di Kelurahan Bergas Los Kabupaten Semarang.

Rilis yang dikirim KKN UPGRIS melalui JatengNews.id, Minggu 17 Maret 2024 disampaikan, diera digital saat ini, pemanfaatan literasi digital menjadi kunci penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bertahan dan berkembang.

Kemajuan teknologi memberikan peluang yang luas bagi UMKM untuk memperluas pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperkuat daya saing.

Baca juga: KKN UPGRIS 81 Sosialisasi Anti Perundungan Terhadap Siswa SD

Literasi digital mengacu pada kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara efektif untuk mencari, mengevaluasi, menggunakan, dan menciptakan informasi.

Ini termasuk keterampilan untuk bekerja dengan komputer, perangkat mobile, internet, dan berbagai perangkat lunak atau aplikasi digital.

Literasi digital tidak hanya melibatkan kemampuan teknis untuk mengoperasikan perangkat dan software, tetapi juga meliputi pemahaman kritis tentang konten digital dan aspek sosial media digital. Seperti berkomunikasi secara online, memahami hak cipta dan etika di dunia digital, serta melindungi privasi dan keamanan informasi.

Sosialisasi ini berkolaborasi dengan bidang kewirausahaan yang dilakukan pada Minggu, 25 Februari 2024 di Kelurahan Bergas Lor.

Sosialisasi dimulai dengan memaparkan dan menjelaskan materi tentang inovasi packaging produk UMKM dan cara pemanfaatan Literasi digital untuk memajukan usaha UMKM serta sesi tanya jawab.

“Dari sosialisasi tersebut kita memutuskan membantu pembuatan logo dan desain kemasan snack yang menarik kepada salah satu usaha UMKM,” ujarny dalam rilisnya.

Sosialisasi ini dikoordinasi oleh Ahmad Mutohar, Vira Dani, dan Rima Khamidatul, yang beranggotakan Hanasari Faida, Achmad Fahmy Hussain, Febrihana Putri, S. Nafisatul, Warda Tazkia, Natasya Widiawati, Mayang Kartika, Dwi Nurul Hidayani, Randika Surya, A. Fahmi Fadli, Klasobo Bandhu, M. Fitra dibawah bimbingan Dr. Dias Andris Susanto, M.Pd sebagai Dosen Pembimbing Lapangan KKN UPGRIS kelompok 81.

Baca juga: Expo KKN UPGRIS Kecamatan Gubug Diapresiasi Warga Hingga Pemerintah Setempat

Dengan diadakannya sosialisasi ini kami bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital saat distence learning atau bisa diartikan pembelajaran jarak jauh pada pelaku usaha UMKM.

“Kami berharap pelaku UMKM yang ada di kelurahan Bergas Lor dapat memajukan dan mengelola usaha mereka dengan lebih baik melalui pemanfaatan literasi digital,” tutupnya. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN