34 C
Semarang
, 20 July 2024
spot_img

KKN UPGRIS 78 Adakan Penyuluhan Digital Marketing di Desa Kalongan

Kabupaten Semarang, JatengNews.id – Mahasiswa KKN UPGRIS kelompok 78 menggadakan kegiatan penyuluhan digital marketing di Desa Kalongan Kecamatan Unggaran Kabupaten Semarang.

KKN UPGRIS kelompok 78 menggadakan kegiatan penyuluhan digital marketing tidak lepas akibat perkembangan teknologi saat ini.

Menurutnya rilis yang dikirim JatengNews.id, dalam era digital yang berkembang pesat seperti saat ini, pemahaman tentang literasi digital menjadi sangat penting bagi para profesional bisnis.

Baca juga: EXPO KKN UPGRIS Kecamatan Ungaran Timur Hadirkan Pementasan Seni dan Pameran UMKM         

Literasi digital bukan hanya sekadar pemanfaatan teknologi, tetapi juga pemahaman mendalam tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mencapai tujuan bisnis, terutama dalam konteks pemasaran digital.

Dengan kesadaran akan pentingnya literasi digital ini, mahasiswa KKN 78 UPGRIS menginisiasi seminar kolaborasi antara Sie Literasi Digital dan Kewirausahaan.

Acara ini bertujuan untuk mengkaji peran digitalisasi dalam kesuksesan bisnis online dan menyoroti pentingnya pengetahuan tentang strategi pemasaran digital.

Seminar yang bertempatkan di Aula Balai Desa Kalongan pada hari Sabtu, 09 MARET 2024 ini menjadi saksi dari upaya mahasiswa KKN 78 UPGRIS dalam menggelar seminar yang bertajuk “Mengoptimalkan Potensi Digital untuk Kesuksesan Bisnis di Era Teknologi”.

Dengan pemateri Bapak Dr. Heri Prabowo S.E., M.M. yang merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Semarang menjadikan acara ini lebih santai tetapi juga tepat sasaran.

Para peserta seminar, terutama para pelaku UMKM di Desa Kalongan, diajak untuk memahami bagaimana penerapan strategi pemasaran digital dapat membantu meningkatkan visibilitas dan penjualan produk atau jasa mereka di pasar yang semakin terhubung secara digital.

Dengan peserta kurang lebih 25 orang, hadir dengan antusias untuk memperoleh wawasan dan pengetahuan baru dalam menghadapi tantangan bisnis di era digital ini.

Dalam seminar tersebut Bapak Dr. Heri Prabowo S.E., M.M., menyatakan bahwa keunggulan dari Digital Marketing yaitu 1. Murah dan lebih efektif, 2. Target khalayak yang spesifik, dan ke-3. Mudah dan fleksibel. Maka dari itu, dalam era digital yang terus berkembang, Digital Marketing telah menjadi pilihan yang unggul bagi banyak bisnis.

Keunggulan utamanya termasuk biaya yang lebih murah dan efektif dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, kemampuan untuk menargetkan audiens secara spesifik melalui berbagai alat dan platform digital, serta fleksibilitas yang tinggi dalam mengatur dan mengubah strategi pemasaran sesuai dengan perubahan pasar dan respons konsumen.

Baca juga: Mahasiswa KKN UPGRIS Majukan UMKM Melalui Expo di Kecamatan Tahunan Jepara

Dengan menggunakan Digital Marketing, bisnis dapat mengoptimalkan penggunaan anggaran pemasaran mereka, meningkatkan daya tarik dan interaksi dengan pelanggan potensial, dan tetap relevan di tengah persaingan yang semakin ketat di pasar digital.

Seminar ini menjadi wadah bagi para pelaku usaha kecil dan menengah untuk memperluas wawasan mereka dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis mereka. Melalui kolaborasi antara mahasiswa KKN 78 UPGRIS, pihak desa, dan pelaku bisnis lokal, diharapkan seminar ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan literasi digital dan kesuksesan bisnis di Desa Kalongan dan sekitarnya. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN