34 C
Semarang
, 27 May 2024
spot_img

Meteri Agama Sampaikan Pentingnya Merawat Kerukunan di Dies Natalis UIN Walisongo

Semarang, JatengNews.id – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama Republik Indonesia  menyampaikan, ucapan selamat dan Apresiasi tema “Transformasi dalam Harmoni”.

Hal itu disampaikan Menag Yaqut dalam perayaan Dies Natalis ke 54 tahun UIN Walisongo Semarang melalui sambutannya, Kamis 4 April 2024.

“Transformasi kita dapat menemukan makna keharusan dalam merespon perkembangan zaman. Harmoni harus dijaga agar dari  kampus ini lahir intelektual yang punya semangat dalam merawat kerukunan,” jelas Menag Yaqut.

Baca juga: Rektor UIN Walisongo Lantik Pejabat Baru, Ada Wakil Rektor Hingga Dekan

Sementara Rektor UIN Walisongo, Prof Dr Nizar, M Ag, dalam sambutannya mengangkat tema “Transformasi dalam Harmoni”.  kata “transformasi” dimaknai sebagai perubahan besar yang terjadi, bukan pada lamanya proses perubahan tersebut. Sedangkan kata “harmoni” mengandung pengertian keselarasan, keseimbangan, atau keserasian antar elemen yang berbeda.

“Dengan tema ini kita ingin perubahan-perubahan besar yang akan dilakukan UIN Walisongo dapat dikemas dengan bingkai harmoni, sosio kuktural, dengan mengacu pada kombinasi dan hubungan antar elemen civitas academica. Sehingga diharapkan akan menghasilkan suatu kesuluruhan yang estetis dan menyenangkan,” ungkapnya.

Prof Nizar juga memaparkan capaian yang diraih oleh UIN Walisongo. Di antaranya peningkatan kualifikasi dan kompetensi dosen yang saat ini terdapat 46 Guru Besar, 260 Lektor Kepala, 159 Lektor, dan 106 Asisten Ahli. Hal ini diimbangi dengan publikasi ilmiah di jurnal terindeks Scopus sejumlah 47 dan jurnal terindeks Sinta sejumlah 562 selama tahun 2023.

Prestasi Universitas yang sudah diraih ditahun 2023 yaitu PPID UIN Walisongo meraih peringkat Informatif dari KIP, Penerbit sertifikat halal terbaik dan PTKIN pengelola media sosial terbaik dari Kementerian Agama.

Baca juga: Santri Ngaji Politik Bareng UIN Walisongo

Terdapatt 23 prestasi mahasiswa di tingkat internasional dan 110 di tingkat nasional. Juga terdapat 2.006 beasiswa dari pemerintah, lembaga, dan perusahaan yang disalurkan selama tahun 2023.

Pengembangan UIN Walisongo kedepannya  memantapkan langkah UIN Walisongo sebagai world class university, meningkatkan capaian akademik dan kelembagaan secara progresif dan transformatif, mewujudkan harmoni dan tanggungjawab bersama seluruh elemen civitas akademik dan bergerak secara harmonis menuju tercapainya UIN Walisongo sebagai Universitas Riset Terdeoan berbasis kesatuan imnu untuk kemanusiaan dan peradaban. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN