31 C
Semarang
, 27 May 2024
spot_img

BMKG Sebut Sebagian Besar Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Lebat di H-1 Lebaran

Jakarta, Jatengnews.id – Sejumlah provinsi yang wilayahnya berpotensi mengalami hujan lebat pada Selasa (09/04/2024), termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, wilayah di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat serta Papua juga dapat mengalami hujan lebat.

Baca juga : Potensi Cuaca Ekstrem BMKG Minta Pemudik Waspada

Secara khusus hujan lebat berpotensi turun di Kota Bengkulu, Jambi, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Ambon, dan Palembang. Hujan intensitas sedang diprakirakan turun di Bandung, Samarinda, Tanjung Pinang, Pekanbaru serta Makassar.

Sementara sejumlah titik di Jakarta dan Nusa Tenggara Timur diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan.

BMKG juga mengingatkan potensi hujan ringan di Kota Denpasar, Serang, Yogyakarta, Gorontalo, Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Tarakan, Mataram, Kupang, Jayapura, Manokwari, Mamuju, dan Padang.

Untuk wilayah Jakarta, hujan ringan di siang hari dapat turun di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sementara di malam hari Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan yang juga dialami oleh Kepulauan Seribu pada dini hari.

Baca juga : BMKG Minta Pemudik Pantau Informasi Cuaca Sebelum Mudik Idul Fitri

BMKG memasukkan sejumlah wilayah dalam kategori waspada dampak hujan seperti banjir, termasuk beberapa titik di Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN