28 C
Semarang
, 25 May 2024
spot_img

Awas Penyakit Kronis Ini Rentan Kambuh di Minggu Pertama Lebaran

Jakarta, Jatengnews.id – Guru besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, memperingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penyakit kronis yang mungkin kambuh selama minggu pertama setelah lebaran jika tidak terkontrol seperti saat berpuasa.

“Bisa saja kambuh dalam sehari dua hari saat lebaran, oleh karena itu ini yang harus kita antisipasi supaya penyakit kronis ini tidak kambuh,” kata Ari dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Sabtu (13/04/2024).

Baca juga : Jangan Asal Kenyang Dokter Ingatkan Protein dan Mineral Penting Agar Puasa Sehat

Dia menyebutkan beberapa penyakit kronis yang rentan kambuh, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat, diabetes, dan sakit maag.

Menurut Ari, sebagian besar pasien mengalami perbaikan pada penyakit maag mereka selama berpuasa karena pola makan yang teratur. Dia menekankan pentingnya memilih makanan dengan bijak selama lebaran dan menghindari konsumsi berlebihan, terutama makanan yang tinggi garam.

Ari juga menyarankan untuk tetap mengonsumsi sayur dan buah, karena serat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan menjaga kelancaran pencernaan.

Selain itu, dia memperingatkan tentang risiko penyakit infeksi yang dapat timbul karena kelelahan dan penurunan daya tahan tubuh selama liburan lebaran.

Baca juga : Kasus Demam Berdarah Melonjak Dokter Ungkap Cara Pencegahan

Untuk mencegah penurunan daya tahan tubuh, Ari merekomendasikan untuk tetap aktif secara fisik dengan berolahraga dan minum air putih yang cukup. Dia juga menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up jika merasa sulit mengontrol pola makan untuk memastikan kondisi kesehatan tetap optimal setelah lebaran. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN